Selasa, 31 Mei 2016

Renungan Hari Selasa Biasa XXIX - Thn I

Renungan Hari Selasa Biasa XXIX, Thn B/I

Injil hari ini mau menyampaikan ungkapan berbahagia bagi mereka yang tetap beriman pada Allah. Orang seperti ini diungkapkan Tuhan Yesus dengan istilah “pinggang tetap berikat dan pelita tetap bernyala.” (ay. 35). Orang-orang seperti ini senantiasa mengarahkan hidupnya kepada Tuhan, sehingga ketika tiba waktunya pun ia sudah siap. Tuhan Yesus mengharapkan agar para murid-Nya seperti ini. Di sini terlihat bahwa Tuhan Yesus menghendaki supaya umat tidak mendapatkan celaka akibat keteledorannya. Tuhan mau umat berbahagia.
Ungkapan berbahagia pun mau disampaikan Paulus kepada jemaat di Roma dalam suratnya. Dalam bacaan pertama, Paulus menekankan bahwa dasar untuk berbahagia ini adalah penyelamatan oleh Tuhan Yesus. Paulus melihat bahwa karena dosa satu orang, manusia terjerat oleh kuasa maut. Ini merujuk pada kesalahan Adam. Akan tetapi kita tak perlu merasa takut karena satu orang juga manusia terlepas dari jerat maut itu. Dia-lah Yesus Kristus. Karena itu, Tuhan Yesus dikenal juga sebagai Adam baru.
Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa kita sudah diselamatkan oleh “satu perbuatan kebenaran” (Rom 5: 18) dan “oleh ketaatan satu orang” (ay. 19). Dia-lah Tuhan Yesus. Oleh Dia kita memperoleh kasih karunia. Tuhan, melalui sabda-Nya ini, menghendaki supaya kita senantiasa menaruh syukur dan hormat pada Tuhan Yesus. Rasa syukur dan hormat ini dapat diungkapkan dengan setia melakukan apa yang diajarkan dan dihidupi-Nya. Kita diminta untuk tetap setia pada iman akan Yesus Kristus.***
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar