Selasa, 31 Mei 2016

Renungan Hari Rabu Biasa XXIX - Thn I

Renungan Hari Rabu Biasa XXIX, Thn B/I
Bac I  Rom 6: 12 – 18; Injil                 Luk 12: 39 – 48;

Bacaan pertama hari ini masih diambil dari Surat Paulus kepada Jemaat di Roma. Di sini Paulus masih melanjutkan pengajarannya yang kemarin, di mana Dia mengajak umat untuk berbahagia karena Yesus Kristus sudah melepaskan jerat maut umat, yaitu dosa. Hari ini Paulus tetap mengingatkan bahwa sekalipun “telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran,” (ay. 18), hendaklah umat jangan berdosa lagi atau menyerahkan tubuh kepada dosa (ay. 12 – 13). Dengan kata lain, Paulus mengharapkan supaya umat tetap memelihara kesucian hidup sebagai buah penebusan Kristus.
Pengajaran Paulus dalam bacaan pertama seakan mau meneruskan apa yang ditekankan Tuhan Yesus dalam Injil. Paulus mau mengajak umat untuk harus berjaga-jaga dan siap sedia. Inilah yang disampaikan Tuhan Yesus dalam pengajaran-Nya. Dalam Injil Tuhan Yesus mengajak agar kita senantiasa terjaga dalam iman, tidak tidur dalam kekelaman dosa. Artinya, dalam hidup kita tidak memberikan ruang bagi kejahatan, melainkan selalu menampilkan kebaikan. Di sini, sama seperti pengajaran Tuhan Yesus dalam Injil kemarin, terlihat jelas bahwa Tuhan Yesus ingin agar umat tidak mendapat celaka. Tuhan Yesus mau umat bahagia.
Manusia adalah makhluk lemah. Kelemahan ini membuatnya mudah jatuh ke dalam dosa. Akan tetapi, manusia sudah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Tuhan meminta kita untuk tidak lagi mudah jatuh ke dalam dosa. Melalui sabda-Nya hari ini, Tuhan menghendaki supaya kita senantiasa mendekatkan diri pada-Nya. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, maka kita selalu siap sedia dan tidak menyerahkan anggota tubuh kita kepada dosa.***
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar