Dijauhi rekan kerja, dibenci bos, dan tidak dihormati klien, lengkap sudah
masalah seputar pekerjaan. Kenyamanan bekerja pun berkurang. Bisa saja Anda
menyalahkan semua orang. Namun, sebelumnya telitilah dulu diri sendiri.
Jangan-jangan ada sejumlah kesalahan kecil yang tanpa sadar dilakukan terus
menerus dan menyebabkan Anda dicap “karyawan bandel”. Jika ingin tahu cirinya,
berikut ini beberapa sikap yang sebaiknya dihindari di kantor.
Terlambat
Janji datang pukul 11.00, tetapi baru tiba pukul 12.00 mungkin terasa wajar
bila terjadi sekali karena suatu halangan. Namun bila “ngaret” menjadi
kebiasaan, jangan heran bila klien ragu pada karyawan. Apalagi jika hampir
setiap kali masuk kantor selalu terlambat. Atasan bisa naik pitam karena
produktivitas berkurang gara-gara sering terlambat.
Antikritik
Memiliki pendapat atau opini pribadi mengenai suatu hal merupakan hal yang
wajar. Namun bila pendapat tidak bisa ditangkis dan sulit menerima pendapat
dari orang lain, seorang karyawan pun akan terlihat menyebalkan. Lebih-lebih
bila sikap ini ditambah dengan respons negatif dan keras yang muncul setiap
kali dikritik. Orang-orang di sekeliling pun bisa menyingkir.
Malas