Anak dikenal sebagai orang yang suka bermain. Dalam
bermain tersebut anak belumlah memahami konsep hukum. Karena itulah, anak akan
bermain sesuai dengan apa yang disukai dan disenanginya. Akan tetapi, hal ini
jangan dibiarkan begitu saja. Pelan tapi pasti anak perlu ditanamkan soal
disiplin. Elizabeth B. Hurlock, dalam bukunya PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5),
menguraikan tentang esensi disiplin pada masa kanak-kanak (hlm. 166).
Bantuan dalam Mendasarkan Kode Moral
Dalam kasus anak yang lebih besar, pengajaran mengenai benar dan salah
seyogianya menekankan alasan mengapa pola perilaku tertentu diterima dan
mengapa pola lain tidak diterima, dan seyogianya diarahkan untuk menolong anak
memperluas konsep tertentu menjadi konsep yang lebih luas, lebih abstrak.
Ganjaran
Ganjaran, seperti pujian atau perlakuan secara khusus karena berhasil
mengatasi situasi sulit dengan baik, mempunyai nilai pendidikan yang kuat jika
pujian dan perlakuan khusus menunjukkan pada anak bahwa ia bertindak benar dan
juga jika mendorong anak untuk mengulang perilaku yang baik. Bagaimana pun
juga, jikalau pujian dan perlakuan khusus harus menjadi efektif, ganjaran harus
sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak.
Hukuman
Seperti ganjaran, hukuman harus sesuai dengan perkembangan dan harus
dilakukan secara adil, kalau tidak dapat menimbulkan kebencian anak. Hukuman
juga harus mendorong anak untuk menyesuaikan diri dengan harapan sosial di masa
berikutnya.
Konsistensi