Kamis, 03 Juli 2014

Orang Kudus 3 Juli: St. Horestes

SANTO HORESTES, MARTIR

Bersama tunangannya, Eufemia, Horestes menjadi pemimpin pemuda-pemudi Katolik di Byzantium (=Istambul). Kegiatan mereka membimbing para muda-mudi ini menimbulkan amarah pihak pemimpin masyarakat dan semua orang lain yang tidak menyukai Gereja Katolik. Ketika ditangkap dan ditanyai, dengan terus terang mereka mengaku beriman Kristen, sehingga bersama muda-mudi lainnya, mereka dibunuh pada tahun 304.

sumber: http://www.imankatolik.or.id/kalender/3Jul.html



Baca juga:
     1.      St. Thomas Rasul serta ulasan injilnya di tahun 2013 dan tahun 2012 atau disini.
     2.      St. Helidorus

Apakah Injil Sudah Dipalsukan?

TOLOK UKUR KEASLIAN TULISAN
Dalam sebuah tulisan di www.kesalahanquran.wordpress.com ada seorang bernama Otori Mitsuke (mungkin bukan nama asli) menulis sebuah komentar. Demi Bahasa Indonesia yang baik dan benar, saya mengedit tulisan tersebut tanpa menghilangkan pesannya sedikitpun. Pesan komentator itu adalah sebagai berikut:

“Al-Qur’an terjaga keasliannya, sebagaimana janji Allah. Kalau tidak percaya, coba kalian:
1. Palsukan Al-qur’an dan kalian terbitkan Al-Qur’an itu ke seluruh Indonesia dan semua toko buku.
2. Kalian palsukan Injil dan kalian terbitkan Injil itu ke seluruh Indonesia dan semua toko buku.

Dan kalian bakal mendapatkan efek yang teramat sangat jauh berbeda dari kedua hal yang kalian lakukan, yaitu:
1. Kalau kalian palsukan Al-Qur’an, kalian pasti akan diprotes besar-besaran, didemo, diburu polisi dan masuk tv…..masuk penjara
2. Kalau kalian palsukan Injil, kalian pasti tidak kenapa-napa, tak ada protes besar-besaran,  karena Injil sekarang memang sudah dipalsui…. Injil sekarang berbeda dengan jamannya nabi Isa a.s…. masih original.

Dan di Injil, nabi Isa pernah bilang kalau Dia cuma utusan Allah, dia bukan Tuhan… tapi kok kalian yang pakai Injil (sekarang) malah menyembah Dia …. Dan Injil itu sudah banyak direvisi” (teks asli lihat di sini)

Sebuah Kebenaran
Kita harus jujur bahwa apa yang dikatakan Otori Mitsuke tidak sepenuhnya salah. Ada kebenaran di dalam pernyataannya. Kebenaran dari pernyataan Mitsuke adalah bahwa jika Quran dipalsukan akan menimbulkan reaksi besar, bukan saja di Indonesia melainkan seluruh dunia. Berbeda dengan Injil atau Kitab Suci orang kristen. 

Jadi, adalah benar apa yang dikatakan Mitsuke bahwa umat islam akan marah, protes dan melakukan tindakan anarki lainnya bila ada orang yang memalsukan Quran. Ini adalah fakta. Jadi kebenarannya berdasarkan fakta. Kita bisa katakan bahwa pendapat Misuke ini mewakili pendapat umum umat islam, karena ada banyak ditemui orang islam yang berpikiran demikian.

Akan tetapi, apakah kemarahan, protes dan tindakan anarki merupakan tolok ukur keaslian Quran? Harus disadari juga bahwa reaksi marah, kekerasan bahkan sikap anarki umat islam ini bukan hanya muncul bila terjadi sesuatu pada Quran yang tidak benar, melainkan juga pada atribut agama. Misalnya, jika ada “pelecehan” atau informasi yang tidak disukai berkaitan dengan Nabi Muhammad, maka umat islam seluruh dunia akan demo, protes, marah bahkan bertindak brutal. Tentu kita masih ingat akan kasus pembakaran buku “5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia” oleh Toko Buku Gramedia pada 14 Juni 2012. Gramedia takut menghadapi ancaman umat islam (baca ulasannya di sini). Atau ketika ada video dengan nabi Muhammad, umat islam sedunia marah.

Jadi, sifat suka marah yang dapat berujung pada tindakan anarkis sepertinya menjadi ciri khas umat islam, bukan merupakan tolok ukur keaslian sebuah naskah. Mungkin sifat ini mendapat pendasarannya dalam Quran sendiri. Demi membela (atribut) agama, apapun boleh dilakukan. Karena itu wajar bila bulan September lalu Pemerintahan Rusia memerintahkan untuk memusnahkan Al-Quran, karena dinilai menciptakan ekstremisme. Lebih lanjut baca di Tempo.

Amat sangat menyedihkan jika keaslian sebuah naskah ditentukan oleh selera. Dan yang terjadi selama ini adalah demikian. Semua tulisan atau karya apapun yang bersinggungan dengan keislaman, harus sesuai dengan selera umat islam. Jika tidak maka akan muncul kemarahan.

Dalam buku “5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia” di sana hanya ditulis bahwa untuk menghidupi kelompoknya Muhammad merampok. Umat islam tidak suka dengan kata “merampok”. Hal itu seakan mengurangi citra luhur sang nabi. Padahal, fakta sejarah memang demikian.

Injil Dipalsukan?
Dengan pola pikir di atas, maka wajar bila orang islam berkesimpulan bahwa Injil sudah dipalsukan. Karena sama sekali tidak ada kemarahan apalagi tindakan anarki dari orang kristen bila terjadi sesuatu pada Injil. Jangankan pada Injil, pada atribut keagamaan lainnya, jarang sekali terdengar. Kalaupun terjadi, itu pasti di tingkat lokal saja. Misalnya, ketika terjadi pelecehan Yesus oleh Neymar, hanya umat Brasil yang protes. Itupun tidak seluruhnya. Protes itu disuarakan oleh Konferensi Waligereja Brasil. Tidak ada kesuruhan, tidak ada demo atau penutupan majalah yang memuat gambar pelecehan tersebut.

Lalu, apakah itu berarti bahwa Injil benar-benar sudah dipalsukan? Apakah Injil sekarang berbeda dengan Injil waktu jaman Yesus?

Harus diingat bahwa pada waktu Yesus hidup belum ada Injil seperti yang ada sekarang ini. Hanya umat islam yang menyakini bahwa Injil itu sudah ada pada masa Yesus. Pada waktu itu hidup, perkataan dan perbuatan Yesus itulah Injilnya. Setelah Yesus naik ke surga, kisah hidup Yesus ini berkembang dari mulut ke mulut dalam tradisi lisan. Dan setelah puluhan tahun ada usaha beberapa orang untuk menuliskan kembali kisah hidup Yesus (perbuatan dan perkataan-Nya).

Jadi, tidak benar bila dikatakan bahwa Injil sudah dipalsukan hanya dilihat dari tidak adanya reaksi protes pada umat kristen. Kenapa umat kristen diam saja? Mungkin orang kristen sudah bisa membedakan mana yang asli dan tidak. Atau mungkin karena tidak ada pendasaran dalam Injil untuk marah atau melakukan tindak kekerasan demi membela kebenaran. Bukankah Injil memerintahkan umat kristen untuk berlaku kasih, bahkan kepada mereka yang menghina, mencela, memfitnah atau memusuhi.

Tolok Ukur Keaslian
Pertanyaan kita sekarang, apa yang seharusnya menjadi tolok ukur keaslian tulisan (Quran dan Injil)?

Untuk menguji keaslian sesuatu, kita membutuhkan pembanding yang juga sama dengan sesuatu itu. Pembanding inilah yang menjadi tolok ukurnya, bukan soal selera. Misalnya, untuk menguji keaslian emas, kita harus punya pembandingnya. Emas yang kita uji itu kita bandingkan dengan emas murni sebagai pembandingnya; jika sama maka emas yang diuji itu asli. Jadi bukan karena saya suka, maka emas itu asli.

Atau sebuah keaslian berita dapat diketahui bila kita punya pembanding. Misalnya, tentang peristiwa Perang Padri (1803 – 1838). Kita tidak bisa mengandalkan informasi Perang Padri ini dari buku yang ditulis tahun 1900-an, tanpa sumber-sumber pendukung yang mendekati tahun kejadian. Kita tidak bisa mengandalkan selera untuk menyatakan bahwa informasi dalam buku itulah yang benar. Kita harus membutuhkan pembanding untuk mengetahui fakta yang terjadi pada Perang Padri. Pembanding itu dapat kita temukan pada buku atau manuskrip-manuskrip yang ditulis sekitar tahun kejadian. Buku atau manuskrip yang ditulis sekitar tahun kejadian inilah yang harus diakui kebenaran peristiwanya.

Contoh lain tentang eksorsis. Ada film yang mengisahkan tentang eksorsis dengan judul “The Rite”. Dikatakan bahwa film ini didasarkan dari kisah nyata yang ditulis dalam buku dengan judul “Ritual Pengusiran Setan: Pencariankeyakinan seorang eksorsis di zaman modern” karya Matt Baglio. Jika kita hanya berdasarkan selera, maka kita akan mengatakan bahwa informasi dalam film itulah yang benar, meski ada perbedaan jauh antara film dan buku. Buku mendekati kebenaran karena ia langsung dari sumber utama, sedangkan film yang dibuat jauh setelah buku diterbitkan, sangat jauh dari sumber utama.

Demikianlah dengan Injil. Sebenarnya ada banyak kitab yang disebut ‘injil’. Umumnya diketahui ada sekitar 20 injil. Dari ke-20 kita injil itu, Gereja hanya mengakui 4, yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Alasannya, pertama penulisnya tidak jauh dari sumbernya. Misalnya, Injil Matius dan Yohanes diyakini ditulis oleh Rasul Matius dan Yohanes; sedangkan Injil Markus dan Lukas ditulis oleh murid rasul Yesus (Markus, murid rasul Petrus; dan Lukas, murid rasul Paulus). Jika membandingkan keempat tulisan Injil itu terdapat kesamaan pesan.

Hal ini berbeda dengan injil-injil lainnya. Sekalipun memakai nama rasul (misalnya, injil Petrus, injil Thomas, injil Filipus, injil Yudas dan injil Keduabelas rasul), sangat diragukan keasliannya. Ini dapat dilihat dari tahun penulisan serta bahasa dan gaya penulisan. Selain itu, keberadaan keempat Injil itu sudah diakui oleh Bapa-bapa Gereja yang hidup di abad-abad awal, seperti Papias, St. Hieronimus, St. Irenaeus, Origenes dan Eusabeus. Mereka hidup antara tahun 150 – 250. Kesaksian mereka memberi peneguhan atas keaslian keempat Injil, yang berbeda dengan injil lainnya. Ini bisa terjadi karena Gereja tidak memusnahkan karya-karya lainnya yang bertentangan dengan keempat Injil. Dengan ini orang bisa menguji keasliannya dengan cara membandingkan dan dengan cara lainnya.

Berbeda dengan Al-Quran. Kita sama sekali tidak punya naskah pembanding, karena naskah-naskah yang dinilai tidak menyenangkan dimusnahkan. Karena itu, yang ada dalam Quran hanyalah yang baik-baik saja menurut ukuran umat islam. Karena semuanya menjawab selera. Dan orang pun “dipaksa” untuk menulis yang baik-baik saja (sesuai selera umat) tentang keislaman. Tulisan yang tidak sesuai dengan selera umat, tentulah akan segera dimusnahkan (contoh buki lima kota atau ayat-ayat setan). Orang tidak diperkenankan untuk beda pendapat, sekalipun untuk berbeda itu ada dasarnya. Misalnya penulis buku lima kota punya data yang bukan sembarangan.

Hal ini berdampak pada penerbit dan toko buku. Penerbit dan toko buku tidak berani menerbitkan atau memajang buku bernuansa islam yang tidak sesuai selera umat islam. Resikonya sangat besar.

Jadi, keaslian sebuah naskah tidak ditentukan oleh selera atau ada tidaknya aksi demo yang bisa berujung pada tindak anarkis. Keaslian sebuah naskah ditentukan oleh naskah lain sebagai pembanding. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah tahun penulisan. Seorang sejarahwan, ketika hendak menulis sebuah naskah sejarah, ia akan mencari sumber buku yang tahun penulisannya mendekati peristiwa sejarah yang akan ditulisnya.
Jakarta, 25 November 2013
by: adrian


Baca juga:
1.      Injil Thomas

Renungan Pesta Santo Thomas Rasul

Renungan Pesta Santo Thomas Rasul
Bac I    Ef 2: 19 – 22; Injil     Yoh 20: 24 – 29;

Hari ini adalah pesta Rasul Thomas. Injil hari ini bercerita tentang Rasul Thomas ini. Di dalam Gereja, Rasul Thomas dikenal sebagai seorang peragu. Hal ini dikaitkan dengan sikapnya yang meragukan tentang kebangkitan Tuhan Yesus. Sekalipun murid lainnya sudah melihat dan percaya, Thomas sama sekali tak mengakuinya. “Sebelum aku melihat bekas paku…, sebelum aku mencucukkan jariku…, dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.” Thomas membutuhkan bukti bagi dirinya sendiri. Kebutuhannya itu langsung dijawab oleh Tuhan Yesus sehingga akhirnya ia percaya. Berangkat dari pengalaman Thomas inilah, Tuhan Yesus menyampaikan pesannya, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” (ay. 29).

Pesan Tuhan Yesus ini kembali ditekankan Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus. Dalam bacaan pertama, Paulus melihat bahwa jemaat Efesus yang telah percaya kepada Tuhan Yesus, sekalipun tidak melihat-Nya, adalah “kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah.” (ay. 19). Dasarnya adalah fundasi kepercayaan itu berasal dari kepercayaan para rasul. Dengan dasar inilah, Paulus ingin membangun persekutuan jemaat Kristus menjadi sebuah bangunan rohani yang berpusat pada Kristus. Artinya, para jemaat senantiasa memancarkan wajah Kristus dalam kehidupannya.

Merayakan pesta Rasul Thomas ini, kita kembali disadarkan akan pesan Tuhan Yesus. Pesan itu ditujukan kepada kita saat ini. Sekalipun kita tidak pernah melihat Tuhan Yesus secara langsung, namun hendaklah kita tetap merasa berbahagia akan iman kepercayaan pada kebangkitan-Nya. Dan lebih dari pada itu, kita juga diajak untuk membentuk persekutuan hidup, sebagai sesama orang percaya, untuk senantiasa menampilkan hidup Yesus dalam setiap gerak kehidupan kita. Inilah kehendak Tuhan pada kita melalui sabda-Nya.

by: adrian