Sabtu, 21 Juli 2012

(Pencerahan) Orang Baik Mati Duluan

KENAPA ORANG YANG BAIK MATI?
Seorang pendeta di pedesaan
mengunjungi rumah seorang nenek tua
anggota jemaatnya.
Sambil minum kopi,
ia menjawab beberapa pertanyaan
yang diajukan oleh nenek itu.

“Mengapa Tuhan begitu sering
mengirim wabah kepada kita?”
Tanya si nenek

“Ya, ya, ya...,” jawab pendeta.
“Kadang-kadang orang menjadi begitu jahat,
sehingga perlu disingkirkan.
Maka, Yang Mahabaik mengijinkan
datangnya wabah.”

“Tetapi,” tukas si nenek
“Mengapa begitu banyak orang baik juga
disingkirkan bersama yang jahat?”

“Orang-orang baik itu dipanggil
untuk menjadi saksi,” pendeta menjelaskan.
“Sebab, Tuhan ingin menjalankan

pengadilan yang adil bagi setiap jiwa.”

by: Anthony de Mello, Burung Berkicau
Baca juga refleksi lainnya:

Kurikulum Seminari Menengah


KURIKULUM  SEMINARI

No
Mata Pelajaran
KPP
Kls 1
Kls 2
Kls 3
Keterangan
01
Sastra Indonesia
X
X
V
V
Ujian Nasional
02
Bahasa Indonesia
V
V
V
V
Ujian Nasional & Sekolah
03
Bahasa Inggris
V
V
V
V
Ujian Nasional & Sekolah
04
Bahasa Jerman
X
V
V
V
Ujian Nasional
05
Bahasa Latin
V
V
X
X

06
Matematika
V
V
V
V
Ujian Nasional
07
Sosiologi
X
V
V
X

08
Antropologi
X
V
V
V
Ujian Nasional
09
Sejarah Gereja
V

V
V
V

10
Agama
V
V
V
V
Ujian Sekolah
11
Kitab Suci
V
V
V
V
Ujian Sekolah
12
Liturgi
V
V
V
V
Ujian Sekolah
13
Musik Liturgi
V
X
X
X

14
Ajaran Sosial Gereja
X
V
V
V

15
Homilitika
X
X
V
X

16
Psikoseksual
V
V
V
X

17
Retorika
X
V
X
X

18
Logika
V
X
X
X

19
Komputer
V
X
X
X

20
Koor
V
V
V
X
Extrakurikuler
21
Seni Teater
V
V
V
X
Extrakurikuler
22
Musik
V
V
V
X
Extrakurikuler
23
English Conversation
X
X
X
V
Extrakurikuler

Perlu diketahui bahwa kode (X) berarti bahwa pelajaran tersebut tidak diajarkan di kelas yang bersangkutan; semantara kode (V) berarti pelajaran tersebut diajarkan di kelas yang bersangkutan. Kurikulum ini mengandaikan bahwa program jurusan yang diambil adalah program Bahasa. Berikut ini beberapa penjelasan singkat.


1.      Sastra Indonesia : mengikuti materi ajar kurikulum nasional dengan modifikasi khusus.
2.      Bahasa Indonesia :
a.      KPP : Morfologi, Kata, Semantik dan EYD
b.      Kls 1 : Sintaksis, EYD dan Menulis/Mengarang
c.       Kls 2 & 3 : mengikuti kurikulum nasional dengan modifikasi khusus
3.      Bahasa Inggris :
a.      KPP : Grammar
b.      Kls 1 : Grammar, Listening and writing
c.       Kls 2 & 3 : mengikuti kurikulum nasional dengan modifikasi khusus
4.      Bahasa Jerman : mengikuti kurikulum nasional dengan modifikasi khusus
5.      Antropologi : mengikuti kurikulum nasional dengan modifikasi khusus
6.      Sosiologi :
a.      Kls 1 : Dasar-dasar ilmu sosiologi
b.      Kls 2 : Ansos (Semester 1 tentang teori dan semester 2 pada pratek)
7.      Matematika :
a.      KPP : Materi ajar SMP (menyeragamkan ilmu matematika dasar)
b.      Kls 1 – 3 : mengikuti kurikulum nasional dengan modifikasi khusus
8.      Sejarah Gereja :
a.      KPP : Sejarah Gereja Perdana
b.      Kls 1 : Sejarah Gereja Patristik
c.       Kls 2 : Sejarah Gereja Reformasi
d.      Kls 3 : Sejarah Gereja Lokal
9.      Kitab Suci :
a.      KPP : Pengantar KS PL dan PB
b.      Kls 1 : Injil Sinoptik
c.       Kls 2 : Surat-surat Paulus
d.      Kls 3 : Injil Yohanes atau Kitab-kitab Apokrip
10.  Liturgi :
a.      KPP : Dasar-Dasar Liturgi
b.      Kls 1 : Sejarah Liturgi
c.       Kls 2 : Devosi dan Ibadat
d.      Kls 3 : Ekaristi
11.  Agama :
a.      KPP : Ajaran Iman Katolik
b.      Kls 1 : Manusia sbg Ciptaan Allah
c.       Kls 2 : Sakramentologi
d.      Kls 3 : Kristologi
12.  Homelitika : tentang teknik membuat renungan/homili dan cara membawakannya. Pelajaran  ini hanya untuk kelas 2.
13.  Retorika :tentang teknik pidato, diskusi, moderator, debat. Pelajaran ini hanya untuk kelas 1.
14.  Logika: tentang cara berpikir logis. Pelajaran ini hanya untuk KPP.
15.  Musik Liturgi : Pelajaran ini hanya untuk KPP.
16.  ASG :
a.      Kls 1 : Dari Rerum Novarum sampai Pacem in Terris
b.      Kls 2 : Dari Gaudium et Spes sampai Convenientes Ex Universo
c.       Kls 3 : Dari Evangelii Nuntiandi sampai Centesimus Annus
Semuanya menguraikan:
·        Siapa penulis dokumen tersebut: riwayat hidupnya
·        Latar belakang penulisan dokumen: situasi social, budaya, ekonomi, dll
·        Isi dokumen: apa saja yang menjadi tekanan dokumen tersebut
·        Pro kontra atas dokumen itu.