Selasa, 08 April 2014

Orang Kudus 8 April: St. Redemptus de Ferento

SANTO REDEMPTUS DE FERENTO, USKUP & PENGAKU IMAN

Informasi mengenai orang kudus ini amat sangat terbatas. Yang pasti bahwa Redemptus hidup pada abad VI. Redemptus adalah Uskup Ferento. Ia mendapat penglihatan bahwa Italia terancam bahaya. Tidak lama kemudian suku Lombard membanjiri dan merusak negara itu. Ia meninggal dunia pada tahun 587.

(Inspirasi Hidup) Pantang Sesaat vs Pantang Sehayat

PANTANG SESAAT vs PANTANG SEPANJANG HAYAT
Pada masa prapaskah umat katolik biasa melakukan pantang sebagai salah satu aksinya. Pantang adalah penolakan sesuatu yang menjadi kelekatan tiap individu. Soal apa saja yang dapat dipantangi tergantung tiap-tiap orang, karena tiap-tiap orang memiliki kelekatan dalam hidupnya yang berbeda satu dengan yang lain.

Di sini kami akan menampilkan satu cerita pantang. Cerita ini merupakan kisah fiksi, namun jamak terjadi di manapun. Karena itu, bila ada kesamaan cerita, bukan maksud kami untuk mempromosi, melecehkan atau hal lainnya. Alangkah bijak jika pembaca mencoba mencari maknanya dan mengaitkannya pada pantang yang lain.

Pada umumnya kaum pria punya kelekatan pada rokok. Karena itu, sering terdengar ungkapan atau aksi penolakan selama masa prapaskah. Ada banyak kaum Adam berjuang untuk tidak merokok selama masa prapaskah. Jika bisanya sehari ia bisa menghabiskan 2 hingga 3 bungkus rokok, kini ada yang hanya 2 hingga 3 batang rokok saja dalam sehari. Malah ada yang sama sekali tidak merokok selama masa prapaskah (40 hari).

Tak sedikit pujian dilemparkan kepada mereka-mereka ini atas keberhasilannya. Sebuah prestasi luar biasa. Tak jarang juga, ada yang lantas membanggakan diri atas keberhasilannya tidak merokok selama 40 hari. Hal ini dilihat sebagai kemenangan, sama seperti kemenangan Yesus mengalahkan godaan setan di padang gurun. Kalau Yesus langsung dilayani oleh para malaikat, para pemenang ini biasanya langsung mendapat hadiah rokok satu slop, entah itu dari rekan, kenalan atau sahabat.

Akan tetapi, mari kita lihat apa yang terjadi setelah masa prapaskah selesai. Tak sedikit dari mereka kembali ke pola hidup yang lama. Bahkan ada juga, yang dalam beberapa bulan ke depan, melakukan “aksi balas dendam” dengan menghabiskan rokok 5 hingga 6 bungkus sehari, sebelum akhirnya kembali ke pola “normal”.

Inilah yang dinamakan “pantang sesaat”, yaitu melakukan pantang hanya di saat masa prapaskah. Orang melakukan pantang pada masa prapaskah, umumnya karena aturan. Bukankah pada masa prapaskah umat katolik yang sudah dewasa wajib melakukan pantang. Karena aturan inilah, maka orang berusaha mencari kelekatan dalam dirinya dan berusaha untuk dipantangi. Bagi perokok, rokok adalah pantang yang wajib dilakukan.

Selain karena aturan, pantang pada masa prapaskah juga dilakukan karena “tekanan” sosial. Pada masa prapaskah semua umat katolik wajib berpantang. Tanpa disadari ada semacam kontrol sosial jika saya tidak melakukan pantang. Orang sudah tahu kalau saya punya kelekatan dengan rokok. Oleh karena itu, saya akan pantang rokok. Dan pasti orang cepat akan tahu, karena tidak merokok dilihat sebagai sesuatu di luar kebiasaan saya. Ini terjadi di alam bawah sadar kita.

Jadi selama masa prapaskah orang akan menekan hasrat untuk merokoknya. Semakin kuat motivasinya, semakin kuat juga tekanannya. Namun hasrat itu ibarat pegas. Semakin ditekan, semakin kuat daya dorongnya. Jika ditekan, ia memang akan turun atau mengecil. Akan tetapi, jika dilepaskan, maka ia akan mental kuat. Demikianlah dengan pantang rokok tadi. Selama masa prapaskah orang hanya menekan hasrat merokoknya. Namun ketika masa prapaskah selesai, tak ada lagi alasan untuk menekan hasrat itu, sehingga ia menendang ke permukaan, bahkan dapat melewati batas normal.

Ada kesan usaha pantang sesaat ini kurang bernilai. Alasannya, kita hanya menekan hasrat yang merupakan kelekatan tadi cuma untuk waktu sesaat saja. Lepas dari waktunya, kita kembali kepada kelekatan tadi. Padahal, jika memang kelekatan itu dirasakan buruk, bukankah lebih baik kelekatan itu dihilangkan; minimal dikurangi.

Di sinilah kita membutuhkan pantang sepanjang hayat. Pantang sepanjang hayat berarti kita menolak keletakan dalam diri kita sepanjang hayat. Bukan lantas berarti pantang dalam masa prapaskah tidak dibutuhkan lagi. Pantang pada masa prapaskah dijadikan sebagai batu loncatan untuk pantang sepanjang hayat.

Misalnya, jika kita berhasil untuk tidak merokok selama masa prapaskah (40 hari), maka itu merupakan langkah awal untuk memasuki pantang sepanjang hayat. Mungkin tidak langsung menolak sama sekali. Mungkin sebungkus rokok dihabiskan dalam sehari sebagai langkah awal untuk seminggu dan kemudian sebulan. Bukan tidak mungkin, pada titik tertentu kita akan berhasil menghentikan kelekatan tersebut.

Jadi, selepas masa prapaskah, bukannya kembali kepada kenormalan pada kelekatan, melainkan kita memulai berjuang untuk meneruskan pantang masa prapaskah. Sekalipun suatu saat kita jatuh, hal itu adalah wajar. Yang penting kita bangkit lagi. Bukankah selama masa prapaskah kita sudah merenungkan jalan salib, di mana Yesus jatuh sampai tiga kali, namun Ia bangkit dan terus meneruskan perjalanan salib-Nya.
Jakarta, 16 Maret 2014
by: adrian

Renungan Hari Selasa Prapaskah V - A

Renungan Hari Selasa Prapaskah V, Thn A/II
Bac I   : Bil 21: 4 – 9; Injil : Yoh 8: 21 – 30

Bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Bilangan, mengisahkan tentang perjalanan bangsa Israel menuju Tanah Terjanji di bawah pimpinan Musa. Saat itu mereka berada di padang gurun. Mereka sudah menyaksikan berbagai peristiwa iman yang mengungkapkan kepedulian dan kekuasaan Allah. Akan tetapi, di padang gurun itu tingkat kepercayaan mereka memudar. Mereka menggerutu, “Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini?” (ay. 5). Atas sikap mereka itu, Allah mengirim ular-ular tedung sehingga banyak di antara mereka mati (ay. 6). Dari sinilah muncul ular tembaga di atas tiang, supaya mereka yang digigit ular namun memandang ular tembaga itu, ia akan selamat (ay. 9).

Peristiwa dalam bacaan pertama di atas serupa dengan hidup Yesus. Sekalipun berbagai kejadian iman dilakukan Yesus, namun masih saja ada yang menolak Dia. Manusia tetap mencintai dosanya. Karena itulah, Yesus berkata, “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia.” (ay. 28). Peninggian Anak Manusia ini mengacu pada peristiwa penyaliban Yesus. Hal ini menunjukkan keterkaitan dengan peristiwa ular tembaga. Ketika ular tembaga itu ditinggikan (di atas tiang) sehingga orang dapat melihatnya, maka siapa yang dipagut ulat dan memandangnya akan beroleh selamat; demikian pula dengan Yesus. Ketika Yesus ditinggikan di kayu salib di puncak Kalvari, maka yang memandangnya akan mendapat selamat. Memandang di sini berarti percaya.

Salib lambang kehinaan. Namun salib juga lambang keselamatan, karena di salib itu dosa kita dipakukan bersama Sang Juru Selamat. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk berefleksi tentang Yesus yang tergantung di kayu salib. Tuhan mengajak kita untuk memandang-Nya. Dia mati karena dosa dan salah kita. Semua ini karena cinta-Nya kepada kita. Oleh karena itu, sabda Tuhan menghendaki kita untuk membalas kasih-Nya. Memang, sebagai manusia kita selalu jatuh ke dalam dosa. Namun Tuhan meminta kita untuk selalu memandang Dia yang tersalib karena kita. Kepercayaan kita pada-Nya mendatangkan keselamatan.

by: adrian