Kamis, 29 November 2012

Isi Lebih Penting dari Sampul

JANGAN MENILAI BUKU DARI KULITNYA
Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far, atau yang lebih dikenal dengan nama Ebiet G Ade, pernah menulis syair lagu dengan judul “Dengarkanlah Kata-Kataku”.  Penggalan bait refreinnya, yang cukup menyentuh hati, berbunyi:
“Dengarkanlah dengan hatimu
Jangan engkau dengar dengan jiwa buta
Dengarkanlah kata-kataku
Jangan engkau melihat siapa aku”

Di sini Ebiet mau mengajak kita, para pendengar, untuk mengubah pola pikir dalam melihat sesuatu yang ada di luar diri kita. Misalnya soal kebenaran atau juga kebaikan. Bagi Ebiet, kebenaran atau kebaikan itu bukan soal rasa: saya suka dan/atau tidak suka; bukan juga soal kepentingan: di pihak saya dan/atau musuh saya.

Ebiet G Ade menghendaki agar kita menilai sesuatu itu bukan dengan jiwa buta. Artinya, menilai sesuatu itu bukan didasari pada diri sendiri: saya suka maka itu benar, baik dan bagus, sedangkan jika saya tidak suka maka sesuatu itu tidak benar, tidak baik dan tidak bagus; jika sesuatu itu ada di pihak saya maka ia itu benar, baik dan bagus, sedangkan jika sesuatu itu “anti” saya maka ia itu tidak benar, tidak baik dan tidak bagus.

Ebiet G Ade menghendaki agar kita melihat isinya, bukan pada kulitnya. “Dengarkanlah kata-kataku, jangan engkau melihat siapa aku.” Dengan kata lain Ebiet G Ade ingin agar kita “jangan menilai buku itu dari kulitnya.” Sekalipun kulit buku atau sampul buku itu tidak bagus dan tidak menarik, belum tentu isinya juga tidak bagus dan tidak menarik. Sebaliknya, belum menjadi jaminan bahwa sampul atau kulit yang menarik menentukan isi buku yang menarik juga.

Legenda Rawa Pening
Ada seorang ada kecil bernama Baru Klinting. Ia seorang bocah yang buruk rupa dan kudisan, akan tetapi ia memiliki kesaktian. Suatu ketika ia memasuki sebuah perkampungan untuk meminta sedekah. Melihat rupa dan tubuhnya, orang merasa jijik dan langsung mengusirnya.

Tak ada keluarga yang mau menerima dirinya dan memberinya makan. Ia sampai pada rumah seorang janda sederhana bernama Mbok Randa. Janda itu menerimanya dan memberinya makan. Beberapa hari ia tinggal di rumah janda itu. Selama tinggal di rumah janda itu, ia coba bersosialisasi dengan anak-anak lainnya. Namun penolakanlah yang selalu didapatinya, baik dari anak-anak itu sendiri maupun dari orang tua anak-anak itu.

Suatu hari ia pergi ke pusat kampung untuk menyaksikan pertunjukan. Di sana ia mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan. Semuanya hanya karena rupanya yang buruk dan penuh kudisan pada tubuhnya.

Kepada penduduk itu ia memperingati bahwa mala petaka akan terjadi di kampung ini. wujudnya banjir besar. Namun penduduk tidak percaya. Ketidak-percayaan mereka tentulah dikaitkan juga dengan keadaan fisiknya, apalagi dia itu seorang bocah kecil. Hanya janda miskin itu saja yang percaya. Ia mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Baru Klinting membuat sayembara. Ia menancapkan sebatang lidi di tanah, lalu menantang siapa saja yang bisa mencabutnya. Awalnya anak-anak sebayanya maju mencoba. Namun tak satu pun dari mereka yang berhasil. Kemudian muncullah yang dewasa dan para orang tua. Dan mereka juga tidak berhasil. Akhirnya Baru Klinting maju dan mencabut lidi itu. Dari lubang bekas tancapan lidi itu keluarlah air yang sangat deras. Air itu tak mau berhenti sampai seluruh kampung tertutup oleh air. Semua penduduk kampung itu mati tenggelap, karena mereka tidak mendengarkan peringatan Baru Klinting. Hanya Mbok Randa saja yang selamat.

Jadilah Orang Arif nan Bijaksana
Nasehat Ebiet G Ade di atas bisa dipahami sebagai ajakan untuk menjadi arif dan bijaksana. Orang yang arif dan bijaksana adalah orang yang melihat suatu masalah tanpa berat sebelah atau memihak. Orang yang bijaksana dapat mengambil sumber kebijaksanaannya dari mana dan dari siapa saja, tanpa melihat latar belakang agama, ras, suku, status sosial dan status lainnya.

Bagi orang yang arif dan bijaksana, kebenaran dan kebaikan itu bisa datang dari mana saja dan dari siapa saja. Kebenaran dan kebaikan itu dapat datang dari seorang tua nan bijak, bisa juga dari seorang bocah ingusan; dari pejabat tinggi juga dari pengemis jalanan; dari ulama juga dari penjahat atau bahkan pelacur; dari sahabat dan juga dari yang bukan sahabat, bahkan musuh sekalipun.

Berkaitan dengan anak kecil, cerita di atas mau menegaskan akan hal itu. Penduduk kampung itu tidak mau melihat kebenaran atau nasehat baik dari Baru Klinting hanya karena dia itu seorang bocah dan juga mukanya yang buruk serta kudisan. Orang-orang pada menyepelekannya. Oleh karena itu, Yesus pernah menasehati para muridnya, “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini.” (Matius 18: 10). Karena, bisa saja kebenaran dan kebaikan itu lahir dari mulut seorang anak kecil.

Untuk itulah, dibutuhkan sikap dan kemampuan menilai isi, bukan kulit. Kita diajak untuk lebih memprioritaskan pada isinya dulu. Apakah isinya benar, baik dan berguna buat saya. Jika isinya baik, benar dan berguna, maka sesuatu itu baik, sekalipun itu berasal dari seorang anak kecil, kelompok musuh kita atau orang pendosa.

Suatu keprihatinan
Masih ada banyak manusia di dunia ini yang memiliki sikap lebih mementingkan sampul-kulit daripada isinya. Ketika ada suatu pernyataan, sekalipun pernyataan itu baik dan benar, orang akan menyelidiki sumbernya atau orang yang mengeluarkan pernyataan itu. Jika sumbernya itu berasal dari orang atau kelompok yang anti dengan kelompok saya, maka saya menolak pernyataannya itu.

Ada orang yang memang mengutamakan sampul. Berkaitan dengan suatu pernyataan, yang dimaksudkan dengan sampul di sini adalah siapa orangnya, apa pangkat dan statusnya, apakah orang itu sealiran dengan saya atau tidak (jika tidak, sudah pasti ditolak), dll. Orang-orang yang lebih mengutamakan sampul akan berusaha melacak sumber dari pernyataan itu. Mereka tidak melihat nilai kebenaran dan kebaikan dari pernyataan itu. Dan jika dari hasil pelacakan terbukti bahwa pernyataan itu berasal dari orang yang tidak sealiran dengannya dan sumbernya juga berasal dari kelompok yang tidak sepaham dengan saya, maka pernyataan itu ditolak, sekalipun ada kebanaran dan kebaikan di sana.

Jika kita perhatikan baik-baik, sebenarnya yang ditolak adalah sumber atau orang yang mengeluarkan pernyataan itu. Dan karena pernyataan itu melekat pada sumber atau orangnya, maka pernyataan itu juga ditolak. Artinya, orang-orang ini menilai buku dari sampulnya. Jika sampulnya bagus dan menarik maka kesimpulannya isi buku itu bagus dan menarik.

Berkaitan dengan sikap seperti ini, Yesus menasehati para muridnya untuk tidak seperti itu. Artinya, jangan melihat dan menilai segala sesuatu itu dari sampulnyanya. Injil Lukas menceritakan kisah itu: “Yohanes berkata: ‘Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.’ Yesus berkata kepadanya: ‘Jangan kamu cegah, sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu.’"

Nasehat Bijak
Menutup tulisan sederhana ini, saya mau menyampaikan sebuah pernyataan bijak: “Emas adalah tetap emas sekalipun keluar dari mulut babi.”

by: adrian

Orang Kudus 29 November: St. Fredericus Regensburg

Beato Fredericus Regensburg, PENGAKU IMAN
Riwayat hidup orng kudus ini masih sangat sedikit. Yang pasti Fredericus lahir dari keluarga kelas menengah di Regensburg, Bavaria, Jerman. Ia masuk biara Agustinian St Nikolaus di kota itu sebagai seorang bruder. Fredericus bekerja sebagai tukang kayu dan penebang pohon. Ia dikenal akan kecintaannya terhadap doa, kemurahan hatinya, devosi kepada Sakramen Mahakudus dan kerendahan hatinya terhadap sesama. Ia meninggal dunia di Regensburg pada 29 November 1329. Pada tanggal 12 Mei 1909, Fredericus dari Regensburg dibeatifikasi oleh Paus Pius X. Ia juga dikenal dengan nama B. Fredericus dari Ratisbon.

sumber: http://santosantagereja.blogspot.com/2011/11/b-fredericus-dari-regensburg.html

Renungan Hari Kamis sesudah HR Kristus Raja - Thn II

Renungan Hari Kamis Pekan Biasa XXXIV B/II
Bac I : Why 18: 1 – 2, 21 – 23; 19: 1 – 3, 9a; Injil       : Luk 21: 20 – 28

Dalam Injil hari ini Yesus masih berbicara tentang kehancuran Yerusalem. Kehancuran Yerusalem itu merupakan kehancuran dunia. Terkesan bahwa gambaran kehancuran tersebut sangat menakutkan, karena kehancuran itu bukan hanya terjadi pada lingkungan di luar diri manusia, melainkan langsung dialami manusia.

Akan tetapi, Injil seluruhnya tidak menggambarkan kehancuran yang menakutkan itu. Di akhir cerita terlihat gambaran yang menyenangkan berupa harapan. "Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya." (ay. 27). Harapan itu ada pada Anak Manusia yang datang. Dan Yesus dalam Injil mengajak para murid untuk membangkitkan harapan itu. "Bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat." (ay. 28).

Injil hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa menjelang akhir jaman kita akan mengalami banyak kehancuran. Memang kehancuran itu sangat menakutkan. Namun janganlah ketakutan itu sampai menghilangkan harapan. Justru kita diminta untuk tetap membangkitkan harapan akan penyelamatan.

Lewat sabda Tuhan hari ini, Yesus menghendaki kita untuk tetap tegar dalam menghadapi cobaan, tantangan dan penderitaan hidup. Uraian Injil tadi, yang tidak semuanya menggambarkan kehancuran, mau mengatakan bahwa dalam hidup ini tidak semuanya merupakan penderitaan. Setelah penderitaan pasti ada kebahagiaan. Untuk itulah, di saat mengalami cobaan, tantangan dan penderitaan hidup, hendaklah kita jangan sangat putus asa, melainkan menumbuhkan harapan.

by: adrian