Sabtu, 23 Maret 2013

(Pencerahan) Dosa di balik kesalehan

Hiburan bagi setan
Legenda kristen kuno:

Ketika Allah Putera dipaku pada kayu salib
dan menyerahkan nyawa-Nya,
dari salib Ia langsung turun ke neraka.
Ia membebaskan semua pendosa
yang pada waktu itu disiksa di sana.

Setan menangis dan meratap
karena mengira,
bahwa neraka tidak akan dihuni lagi
oleh para pendosa.

Lalu tuhan berkata kepadanya:
“Jangan menangis.
Aku akan mengirimkan kepadamu
semua orang saleh yang menjadi puas diri  
karena menyadari kebaikan
dan kebenaran mereka,
lalu menghukum para pendosa.
Dan neraka sekali lagi akan menjadi penuh
untuk berbagai keturunan
sampai Aku datang kembali.”

by: Anthony de Mello, Burung Berkicau
Baca juga refleksi lainnya:

Ibas vs Yulianis

Rabu (20 Maret), Edhie Baskoro Yudhoyono, yang dikenal dengan sapaan Ibas, mendatangi Polda Metro Jaya. Kedatangannya berkaitan dengan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Yulianis, Wakil Direktur Keuangan Grup Permai. Laporan dugaan pencemaran nama baik terkait pernyataan Yulianis yang dimuat dalam pemberitaan pada Koran Sindo tanggal 16 Maret 2013. Dikatakan bahwa Ibas menerima uang 200 ribu dollar Amerika.

Haruskah Ibas melaporkan Yulianis atas pencemaran nama baik? Pertama-tama, saya teringat akan suatu iklan anti korupsi yang berbunyi, “Jika bersih, kenapa harus risih?!” Iklan ini selain menghimbau untuk tidak melakukan korupsi, juga mengajak orang untuk hidup tenang jika memang tidak melakukan korupsi. Tentulah pernyataan itu mengisyaratkan bahwa orang yang salah selalu gelisah; orang yang memang melakukan korupsi pasti terusik.

Nah, dari sini bisa diambil satu kesimpulan bahwa Ibas tak perlu melaporkan Yulianis jika memang benar Ibas tidak menerima uang tersebut. Ibas mestinya menyikapi laporan itu dengan bijaksana. Aksi melaporkan Yulianis menunjukkan bahwa Ibas terusik dengan omongan Yulianis. Dan kalau Ibas terusik, maka dapat diduga pernyataan Yulianis ada benarnya.

Peristiwa Ibas mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan Yulianis menunjukkan pendekatan kekuasaan yang dipakai Ibas. Semua orang tentulah tahu kalau Ibas itu anak presiden. Orang juga tahu bahwa kepolisian itu di bawah presiden. Nah, karena yang melapor ini anak “bos besar” tentulah polisi akan segera menindaklanjuti. Dan bukan tidak mungkin polisi akan melindungi anak “bos besar” ini. Hal ini sudah terlihat saat datang ke Polda dan saat Ibas menggelar konfrensi pers. Ibas bukan saja didampingi kuasa hukumnya, melainkan juga Kombes Rikwanto, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya. Tentu ini segera menjadi ancaman bagi Yulianis. Mana mungkin, memakai istilah Susno Duadji, cecak mengalahkan buaya? Dan bisa dipastikan tak lama lagi Yulianis akan menarik pernyataannya.

Mungkin ada yang mengatakan bahwa di negara hukum semua warga sama di hadapan hukum. Memang benar, tapi tidak berlaku di negara ini. Sudah menjadi rahasia umum kalau di Indonesia ini hukum juga bisa dipolitisasi. Hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas. Oleh karena itu, untuk kasus ini belum bisa kita mengatakan semua orang sama di muka hukum.

Jadi, apa yang harus dilakukann Ibas? Pertama, Ibas harus diam. Pepatah bilang “Diam itu emas”, sekalipun ada lagu “Tak selamanya diam itu emas”. Seperti bunyi iklan di atas, Ibas tidak perlu gelisah atau risih jika memang tidak menerima. Jangan mentang-mentang anak presiden seenaknya saja menggunakan pendekatan kekuasaan. Pendekatan kekuasaan menunjukkan adanya sikap arogan.

Kedua, sikap diam yang diambil bukanlah pasif, melainkan aktif. Ibas harus membuktikan bahwa dirinya tidak menerima uang 200 ribu dollar Amerika sebagai sangkalan atas pernyataan Yulianis. Membuktikan diri ini bukan dengan kata-kata saja seperti yang sudah dilakukan oleh Ibas saat konfrensi pers, melainkan dengan membiarkan proses hukum yang berbicara. Tentu kita masih ingat akan pemberitaan TEMPO akan rekening gendut para jenderal polisi. Apa kata polisi? “Setelah mengadakan penyelidikan internal, tidak ditemukan adanya rekening gendut itu.” Tapi apa yang terjadi sekarang? Diperkirakan total kekayaan Jenderal Djoko Susilo sebesar 200 miliyar (lihat http://www.tempo.co/read/flashgrafis/2013/03/11/526/Jajaran-Harta-Sang-Jenderal).

Jika nanti secara hukum Ibas tidak terbukti menerima uang dari Yulianis, barulah Ibas boleh menggunakan hak hukumnya: melaporkan Yulianis atas tuduhan pencemaran nama baik. Karena pernyataan Yulianis yang tidak terbukti kebenarannya merupakan fitnah. Dan fitnah memang merupakan bentuk pencemaran nama baik.
by: adrian

Dokumen Konsili Vatikan II: Lumen Gentium (13)

Sambungan sebelumnya....
KONSTITUSI DOGMATIS TENTANG GEREJA

BAB LIMA
PANGGILAN UMUM UNTUK KESUCIAN DALAM GEREJA
39.(prakata)
Kita mengimani bahwa gereja, yang misterinya diuraikan oleh Konsili suci, tidak dapat kehilangan kesuciannya. Sebab Kristus, Putera Allah, yang bersama Bapa dan Roh dipuji bahwa “hanya Dialah Kudus”,[122] mengasihi Gereja sebagai mempelai-Nya. Kristus menyerahkan diri baginya untuk menguduskannya (lih. Ef 5:25-26) dan menyatukannya dengan diri-Nya sebagai tubuh-Nya. Ia melimpahinya dengan kurnia Roh Kudus demi kemuliaan Allah. Maka dalam Gereja semua anggota, entah termasuk Hirarki entah digembalakan olehnya, dipanggil untuk kesucian, menurut amanat rasul: “Sebab inilah kehendak Allah: pengudusanmu” (1Tes 4:3; lih. Ef 1:4). Adapun kesucian gereja itu tiada hentinya tampil dan harus nampak pada buah-buah rahmat, yang dihasilkan oleh Roh dalam kaum beriman. Kekudusan itu dengan aneka cara terungkapkan pada masing-masing orang, yang dalam corak hidupnya menuju kesempurnaan cinta kasih dengan memberi teladan baik kepada sesama. Secara khas pula nampak dalam penghayatan nasehat-nasehat, yang lazim disebut “nasehat Injil”. Penghayatan nasehat-nasehat itu atas dorongan Roh Kudus ditempuh oleh orang  banyak kristiani, entah secara perorangan, entah dalam corak atau status hidup yang disahkan oleh Gereja, serta menyajikan dan harus menyajikan di dunia ini
kesaksian dan teladan yang ulung tentang kesucian itu.

40.(Panggilan umum kepada kesucian)
Tuhan Yesuslah Guru dan Teladan ilahi segala kesempurnaan. Dengan kesucian hidup, yang dikerjakan dan dipenuhi-Nya sendiri, Ia mewartakan kepada semua dan masing-masing murid-Nya, bagaimanapun juga corak hidup mereka: “Kamu harus sempurna, seperti Bapamu yang di sorga sempurna adanya” (Mat 5:48).[123] Sebab kepada semua diutus-Nya Roh Kudus untuk menggerakkan mereka dari dalam supaya mengasihi Allah dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi dan dengan segenap tenaga mereka (lih. Mrk 12:30) dan saling mencintai seperti Kristus telah mencintai mereka (lih. Yoh 13:34; 15:12). Para pengikut Kristus dipanggil oleh Allah bukan berdasarkan perbuatan mereka, melainkan berdasarkan rencana dan rahmat-Nya. Mereka dibenarkan dalam Tuhan Yesus, dan dalam baptis iman sungguh-sungguh dijadikan anak-anak Allah dan ikut serta dalam kodrat ilahi, maka sungguh menjadi suci. Maka dengan bantuan Allah mereka wajib mempertahankan dan mengembangkan dalam hidup mereka kesucian yang telah mereka terima. Oleh rasul mereka dinasehati, supaya hidup “sebagaimana layak bagi orang-orang kudus” (Ef 5:3); supaya “sebagai kaum pilihan Allah, sebagai orang-orang Kudus yang tercinta, mengenakan sikap belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemah-lembutan dan kesabaran” (Kol 3:12); dan supaya menghasilkan buah-buah Roh yang membawa kepada kesucian (lih. Gal 5:22; Rom 6:22). Akan tetapi karena dalam banyak hal kita semua
bersalah (lih. Yak 3:2), kita terus-menerus membutuhkan belaskasihan Allah dan wajib berdoa setiap hari: “Dan ampunilah kesalahan kami” (Mat 6:12).[124]

Jadi bagi semua jelaslah bahwa semua orang kristiani, bagaimanapun status atau corak hidup mereka, dipanggil untuk mencapai kepenuhan hidup kristiani dan kesempurnaan cinta kasih.[125] Dengan kasih itu juga dalam masyarakat di dunia ini cara hidup menjadi lebih manusiawi. Untuk memperoleh kesempurnaan itu hendaklah kaum beriman mengerahkan tenaga yang mereka terima menurut ukuran yang dikurniakan oleh Kristus supaya dengan mengikuti jejak-Nya dan merupai citra-Nya dengan melaksanakan kehendak Bapa dalam segalanya mereka dengan segenap jiwa membaktikan diri kepada kemuliaan Allah dan pengabdian terhadap sesama. Begitulah kesucian Umat Allah akan bertumbuh dan menghasilkan buah berlimpah seperti dalam sejarah Gereja telah terbukti dengan cemerlang melalui hidup sekian banyak orang kudus.

41.(Bentuk pelaksanaan kesucian)
Dalam aneka bentuk kehidupan serta tugas satu kesucian yang sama diamalkan oleh semua, yang digerakkan oleh Roh Allah dan yang dengan mematuhi suara Bapa serta bersujud kepada Allah Bapa dalam roh dan kebenaran, mengikuti Kristus yang miskin, rendah hati dan memanggul salib-Nya agar mereka pantas ikut menikmati kemuliaan-Nya. Adapun masing-masing menurut kurnia dan tugasnya sendiri wajib melangkah tanpa ragu-ragu menempuh jalan iman yang hidup, yang membangkitkan harapan dan mewujudkan diri melalui cinta kasih.

Terutama para Gembala kawanan Kristuslah yang wajib menjalankan pelayanan mereka dengan suci dan gembira, dengan rendah hati dan tegas, menurut citra Imam Agung dan Abadi, Gembala dan Pengawas jiwa kita. Dengan demikian pelayanan yang mereka lakukan juga bagi mereka sendiri akan menjadi upaya penyucian yang ulung. Mereka dipilih untuk mengemban kepenuhan imamat dan dikurniai rahmat sakramental supaya dengan berdoa, mempersembahkan korban dan mewartakan sabda, melalui segala macam perhatian dan pengabdian Uskup, melaksanakan tugas sempurna cinta kasih kegembalaan[126] dan supaya jangan takut menyerahkan jiwa demi domba -domba dan dengan menjadi teladan bagi kawanan (lih. 1Ptr 5:3), lagi pula dengan contohnya memajukan Gereja menuju tingkat kesucian yang kian hari makin tinggi.

Hendaklah para imam serupa dengan para Uskup yang mempunyai mereka sebagai mahkota rohani[127] dan dengan ikut-serta mengemban rahmat tugas para Uskup melalui Kristus satu-satunya Pengantara abadi dengan menunaikan tugas harian mereka, berkembang dalam cinta kasih akan Allah dan sesama. Hendaklah mereka melayani ikatan persekutuan para imam, melimpah dalam segala kebaikan rohani dan memberi kesaksian hidup tentang Allah kepada semua orang.[128] Semoga mereka meneladan para imam, yang dalam peredaran masa meninggalkan contoh kesucian yang gemilang dengan pengabdian mereka yang sering amat sederhana dan tersembunyi. Pujian terhadap mereka menggema dalam Gereja Allah. Hendaklah mereka berdasarkan jabatan berdoa dan mempersembahkan korban bagi jemaat mereka dan segenap Umat Allah, menyadari apa yang mereka jalankan dan berusaha menghayati apa yang mereka lakukan.[129] Jangan hendaknya mereka dihambat oleh kesibukan-kesibukan, bahaya-bahaya dan kesukaran-kesukaran dalam kerasulan, melainkan hendaklah justru karena itu semua mereka mencapai taraf kesucian yang lebih tinggi; sebab mereka menguatkan serta memupuk kegiatan mereka dengan kelimpahan hasil kontemplasi sehingga menggembirakan seluruh Gereja Allah. Hendaklah semua imam dan terutama mereka yang karena alasan khas tahbisan mereka disebut imam diosesan (projo), mengingat betapa pentingnya bagi kesucian mereka hubungan yang setia dan kerjasama yang ikhlas dengan Uskup mereka.

Dalam perutusan dan rahmat imam tertinggi secara khusus ikut serta pula para pelayan tingkat lebih rendah, terutama para diakon, yang melayani misteri-misteri Kristus dan Gereja[130] dan karena itu wajib mempertahankan kemurniannya dari segala cacat dan berkenan kepada Allah serta menyediakan segala macam kebaikan di hadapan orang-orang (lih. 1Tim 3:8-10 dan 12-13). Para rohaniwan, yang dipanggil oleh Tuhan dan dikhususkan bagi-Nya, menyiapkan diri untuk tugas-tugas pelayanan di bawah pengawasan para Gembala. Mereka wajib menyesuaikan budi dan hati mereka dengan pilihan seluhur itu, bertekun dalam doa, berkobar cinta kasihnya, mencita-citakan apa saja yang benar, adil dan pantas dipuji dan menjalankan semuanya demi kemuliaan dan keluhuran Allah. Menyusul para awam yang terpilih oleh Allah dan – untuk membaktikan diri sepenuhnya kepada karya kerasulan – dipanggil oleh Uskup serta bekerja di ladang Tuhan dengan menghasilkan banyak buah.[131]

Para suami-isteri dan orang tua kristiani wajib, menurut cara hidup mereka dengan cinta yang setia seumur hidup saling mendukung dalam rahmat dan meresapkan ajaran kristiani maupun keutamaan-keutamaan Injil di hati keturunan, yang penuh kasih mereka terima dari Allah. Sebab dengan demikian mereka memberi teladan cinta kasih yang tak kenal lelah dan penuh kerelaan kepada semua orang, memberi contoh kepada persaudaraan kasih dan menjadi saksi serta pendukung kesuburan Bunda Gereja. Mereka menjadi tanda pun sekaligus ikut serta dalam cinta kasih Kristus terhadap Mempelai-Nya sehingga Ia menyerahkan diri untuknya.[132] Teladan serupa disajikan dengan cara lain oleh para janda dan mereka yang tidak menikah, yang juga dapat menyumbang banyak sekali bagi kesucian dan kegiatan Gereja. Adapun mereka yang sering menanggung beban kerja berat hendaknya menyempurnakan diri melalui pekerjaan manusia, membantu sesama warga dan mengangkat segenap masyarakat serta alam tercipta kepada keadaan yang lebih baik. Selain itu hendaklah mereka dengan cinta kasih yang aktif meneladan Kristus, yang dulu menjalankan pekerjaan tangan dan selalu berkarya bersama Bapa demi keselamatan semua orang. Hendaklah mereka berharap dan gembira, saling menanggung beban dan melalui Pekerjaan mereka sehari-hari mencapai kesucian yang lebih tinggi dan bersifat apostolis.

Khususnya hendaklah mereka yang ditimpa oleh kemiskinan, kelemahan, penyakit dan pelbagai kesukaran atau menanggung penganiayaan demi kebenaran – merekalah, yang dalam Injil dinyatakan bahagia oleh Tuhan dan yang “Allah, sumber segala rahmat, yang dalam Kristus Yesus telah memanggil kita ke dalam kemuliaan-Nya yang kekal akan melengkapi, meneguhkan dan mengokohkan, sesudah mereka menderita seketika lamanya” (1Ptr 5:10), - hendaklah mereka semua mengetahui bahwa mereka dipersatukan dengan Kristus yang menderita sengsara demi keselamatan dunia.

Jadi semua orang beriman kristiani dalam kondisi-kondisi hidup mereka dalam tugas-tugas serta keadaan mereka dan melalui itu semua dari hari ke hari akan makin dikuduskan, bila mereka dalam iman menerima segala-sesuatu dari tangan Bapa di sorga dan bekerja sama dengan kehendak ilahi, dengan menampakkan dalam tugas sehari-hari kepada semua orang cinta kasih Allah terhadap dunia.

42. (Jalan dan upaya kesucian)
“Allah itu kasih, dan barangsiapa tetap berada dalam kasih, ia tinggal dalam Allah dan Allah dalam dia” (1Yoh 4:16). Adapun Allah mencurahkan cinta kasih-Nya ke dalam hati kita melalui Roh Kudus yang dikurniakan kepada kita (lih. Rom 5:5). Maka dari itu kurnia yang pertama dan paling perlu yakni cinta kasih, yang membuat kita mencintai Allah melampaui segalanya dan mengasihi sesama demi Dia. Akan tetapi, supaya cinta kasih bagaikan benih yang baik bertunas dalam jiwa dan menghasilkan buah setiap orang beriman wajib mendengarkan sabda Allah dengan suka hati dan dengan bantuan rahmat-Nya, dengan tindakan nyata melaksanakan kehendak-Nya. Ia wajib sering menerima sakramen-sakramen, terutama Ekaristi dan ikut serta dalam perayaan liturgi, pun juga dengan tabah berdoa, mengingkari diri, melayani sesama secara aktif dan mengamalkan segala keutamaan. Sebab cinta kasih, sebagai pengikat kesempurnaan dan kepenuhan hukum (lih. Kol 3:14; Rom 13:10), mengarahkan dan menjiwai semua upaya kesucian dan membawanya sampai ke tujuannya.[133] Maka cinta kasih akan Allah maupun akan sesama merupakan ciri murid Kristus yang sejati.

Yesus, Putera Allah, telah menyatakan cinta kasih-Nya dengan menyerahkan nyawa-Nya bagi kita. Maka tidak seorang pun mempunyai cinta kasih yang lebih besar dari pada dia yang merelakan nyawanya untuk Dia dan saudara-saudaranya (lih. 1Yoh 3:16; Yoh 15:13). Sudah sejak masa permulaan ada orang-orang kristiani yang telah dipanggil dan selalu masih ada yang akan dipanggil untuk memberi kesaksian cinta kasih yang tertinggi itu di hadapan semua orang, khususnya di muka penganiaya. Maka Gereja memandang sebagai kurnia luar biasa dan bukti cinta kasih tertinggi kematian sebagai martir, yang menjadikan murid serupa dengan Guru yang dengan rela menerima wafat-Nya demi keselamatn dunia, serupa dengan Dia dalam menumpahkan darah. Meskipun hanya sedikit yang diberi, namun semua harus siap-sedia mengakui Kristus di muka orang-orang dan mengikuti-Nya menempuh jalan salib di tengah penganiayaan, yang selalu saja menimpa Gereja.

Kesucian Gereja secara istimewa dipupuk pula dengan aneka macam nasehat, yang oleh Tuhan dalam Injil disampaikan kepada para murid-Nya untuk dilaksanakan.[134] Di antaranya sangat menonjol kurnia luhur rahmat ilahi, yang oleh Bapa dianugerahkan kepada beberapa orang (Lih. Mat 19:11; 1Kor 7:7), yakni supaya dalam keperawanan atau selibat mereka lebih mudah membaktikan diri seutuhnya kepada Allah, dengan hati tak terbagi (lih. 1Kor 7:32-34).[135] Tarak sempurna demi Kerajaan sorga itu dalam Gereja selalu dihargai secara istimewa, sebagai tanda dan dorongan cinta kasih dan sebagai suatu sumber kesuburan rohani yang luar biasa di dunia.

Gereja juga tetap mengingatkan anjuran Rasul, yang mengundang kaum beriman untuk mengamalkan cinta kasih dan mendorong mereka supaya menaruh perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, “yang telah mengosongkan Diri-Nya dan mengenakan rupa seorang hamba, … dan menjadi taat sampai mati” (Flp 2:7-8), lagi pula demi kita “menjadi miskin, meskipun Ia kaya” (2Kor 8:9). Perlulah bahwa cinta kasih dan kerendahan hati Kristus itu senantiasa diteladan dan diberi kesaksian oleh para murid. Maka Bunda Gereja bergembira bahwa dalam pangkuannya terdapat banyak pria dan wanita, yang mengikuti dari dekat dan memperlihatkan lebih jelas pengosongan Diri Sang Penyelamat, dengan menerima kemiskinan dalam kebebasan anak-anak Allah serta mengingkari keinginan-keinginan mereka sendiri. Mereka itulah yang demi Allah tunduk kepada seorang manusia dalam mengejar kesempurnaan melampaui apa yang diwajibkan, untuk lebih menyerupai Kristus yang taat.[136]

Maka semua orang beriman kristiani diajak dan memang wajib mengejar kesucian dan kesempurnaan status hidup mereka. Oleh karena itu hendaklah semua memperhatikan, agar mereka mengarahkan keinginan-keinginan hati dengan tepat, supaya mereka dalam mengejar cinta kasih yang sempurna jangan dirintangi karena menggunakan hal-hal duniawi dan melekat pada kekayaan melawan semangat kemiskinan menurut Injil. Itulah maksud nasehat Rasul: orang yang menggunakan barang dunia ini jangan sampai berhenti di situ: sebab berlalulah dunia seperti yang kita kenal sekarang (lih. 1Kor 7:31 yun.).[137]


[122] Misal Romawi, “Kemuliaan kepada Allah di sorga”. Lih. Luk 1:35; Mrk 1:24; Luk 4:34; Yoh 6:69: “Yang Kudus dari Allah”; Kis 3:14; 4:27 dan 30; Ibr 7:26; 1Yoh 2:20; Why 3:7.
[123] Lih. ORIGENES, Komentar pada Rom 7:7 PG 14,1122B. Pseudo MAKARIUS, Tentang Doa 11 : PG 34,861AB. S. TOMAS, Summa Theol. II-II, soal 184, art. 3.
[124] Lih. S. AGUSTINUS, Penarikan Kembali, II, 18: PL 32,637 dsl. PIUS XII, Ensiklik Mystici Corporis, 29 Juni 1943: AAS 35 (1943) hlm. 225.
[125] Lih. PIUS XI, Ensiklik Rerum omnium, 26 januari 1923: AAS 15 (1923) hlm. 50 dan 59-60. Ensiklik Casti Connubii, 31 Desember 1930: AAS 22 (1930) hlm. 548. PIUS XII, Konstitusi apostolis Provida Mater, 2 Februari 1947: AAS 39 (1947) hlm. 117. Amanat Annus sacer, 8 Desember 1950: AAS 43 (1951) hlm. 27-28. Amanat Nel darvi, Juli 1956: AAS 48 (1956) hlm. 574 dsl.
[126] Lih. S. TOMAS, Summa Theol, II-II, soal 184, art. 5 dan 6. Tentang kesempurnaan hidup rohani, bab 18.
ORIGENES, Tentang Yesaya, Homili 6,1: PG 13,239.
[127] Lih. S. IGNASIUS Martir, Surat kepada umat di Magnesia, 13,1: terb. FUNK, I, hlm. 241.
[128] Lih. S. PIUS X, Amanat Haerent animo, 4 Agustus 1908: ASS 41 (1908) hlm. 560 dsl. Kitab Hukum Kanonik
(lama) kanon 124. PIUS XI, Ensiklik Ad catholic sacerdotii, 20 Desember 1935: AAS 28 (1936) hlm. 22 dsl.
[129] Tata-laksana Tahbisan Imam, dalam kotbah pada awal upacara.
[130] Lih. S. IGNASIUS Martir, Surat kepada umat di Tralles 2,3: terb. FUNK, I, hlm. 244.
[131] PIUS XII, Amanat Sous la maternelle protection, 9 Desember 1957: AAS 50 (1958) hlm. 36.
[132] PIUS XI, Ensiklik Casti Connubii, 31 Desember 1930: AAS 22 (1930)hlm. 548 dsl. Lih. S. YOH. KRISOSTOMUS, Tentang Ef, Homili 20,2: PG 62,136 dsl.
[133] Lih. S. AGUSTINUS, Enchriridion (kamus) 121,32: PL 40,288. S. TOMAS, Summa Theol, II-II, soal 184, art. 1. PIUS XII, Amanat apostolik Mentinostrae, 23 September 1950: AAS 42 (1950) hlm. 660.
[134] Tentang nasehat-nasehat itu pada umumnya, Lih. ORIGENES, Komentar Rom X, 14: PG 14,1275B. S. AGUSTINUS, Tentang keperawanan suci, 15,15: PL 40,403. S. TOMAS, Summa Theol, I-II, soal 100, art. 2 C (pada akhir); II-II, soal 44, art. 4, ad 3.
[135] Tentang keunggulan keperawanan suci, lih. TERTULIANUS, Anjuran tentang kemurnian, 10: PL 2,225C. S. SIPRIANUS, tentang para perawan 3 dan 22: PL 4,443B dan 461A dsl. S. ATANASIUS (?), Tentang para perawan: PG 28,252 dsl. S. YOH KRISOSTOMUS, Tentang para perawan: PG 48,533 dsl.
[136] Tentang kemiskinan rohani, lih. Mat 5:3 dan 19:21; Mrk 10:21; Luk 18:22; tentang ketaatan terdapat contoh Kristus dalam Yoh 4:34 dan 6:38; Flp 2:8-10; Ibr 10:5-7. Banyak sekali teladan dikemukakan oleh para Bapa Gereja dan para pendiri tarekat.
[137] Tentang pelaksanaan nyata nasehat-nasehat, yang tidak di haruskan kepada semua orang, lih. S. YOH KRISOSTOMUS, Tentang Mat, Homili 7,7: PG 57,81 dsl. S. AMBROSIUS, Tentang para janda, 3,23: PL 16,241 dsl.

Orang Kudus 23 Maret: St. Alfonsus Toribio

Santo ALFONSUS toribio, uskup
Alfonsus Toribio dikenal sebagai seorang awam katolik yang saleh, jujur dan bijaksana. Di Granada, Spanyol, ia menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung dan Mahaguru di bidang hukum.

Kisah tentang pengangkatannya sebagai Uskup Agung kota Lima, Peru, sungguh menarik. Kehidupan imamatnya tidak menarik hatinya selama ia giat dalam dinas kenegaraan dan kegiatan duniawi lainnya. Tetapi Tuhan mempunyai rencana khusus atas dirinya di luar kehendaknya sendiri. Sepeninggal Uskup Agung Lima pada tahun 1580, tahkta keuskupan mengalami kekosongan. Suasana kota menjadi semakin buruk terutama di kalangan angkatan bersenjata. Hal ini sungguh memalukan Raja Philips II yang saleh dan taat agama. Jalan keluar untuk mengatasi masalah ini ialah memilih seorang uskup agung yang berwibawa, saleh, jujur, pintar dan berpengaruh di masyarakat terutama di kalangan pembesar dan angkatan bersenjata.

Orang yang cocok untuk jabatan uskup agung ini ialah Alfonsus Toribio. Semula penunjukkan atas dirinya sebagai uskup agung ditolak dengan keras mengingat statusnya sebagai seorang awam. Namun atas desakan raja dan seluruh rakyat, Alfonsus Toribio tergerak juga untuk menerima penunjukkan itu. Ia sadar bahwa penunjukkan itu adalah kehendak Allah.

Ia lalu ditahbiskan menjadi uskup agung pada tahun 1581. Dari Spanyol, ia berlayar ke Peru, sebuah negeri yang bergunung-gunung di pantai lautan Pasifik. Tindakan pertama yang ditempuhnya ialah mengunjungi semua wilayah paroki dalam keuskupannya hingga ke pelosok-pelosok. Kadang-kadang ia berjalan kaki, menuruni gunung dan bukit guna menyaksikan kehidupan umatnya.

Ia melihat banyak hal selama kunjungan-kunjungannya. Orang-orang Spanyol terutama tentara-tentara dikenal berwatak bejat. Orang Indian dikenal bodoh; sedangkan imam-imamnya malas dan mempunyai banyak istri. Semua hal ini menggerakkan dia untuk segera mengadakan pembaharuan total dalam keuskupannya. Terhadap orang-orang Spanyol yang bejat moralnya, ia tidak segan-segan menjatuhkan hukuman yang setimpal. Untuk orang-orang Indian yang bodoh, ia berusaha mendirikan sekolah-sekolah. Untuk mendapatkan tenaga-tenaga imam bagi pelayanan umat, ia mendirikan sebuah seminari, yang dikenal sebagai seminari pertama di Amerika. Para imam dibinanya agar kembali sadar akan keluhuran panggilannya dan tugasnya sebagai pelayan umat.

Alfonsus Toribio dengan tekun mempelajari bahasa daerah dan adat istiadat setempat. Orang-orang Indian yang masih terbelakang mendapat perhatian yang khusus. Ia membela mereka dari segala tindakan jahat orang Spanyol.

Usahanya untuk membaharui kehidupan iman umat sangat berhasil. Ia dibantu oleh rekannya Santo Fransiskus Solanus. Selama 25 tahun memimpin Gereja Peru sebagai uskup agung, Alfonsus Toribio berhasil menghantar kembali orang-orang Spanyol kepada tatacara hidup kristiani. Demikian juga orang-orang Indian. Ia meninggal dunia pada tahun 1606.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Renungan Hari Sabtu Prapaskah V-C

Renungan Hari Sabtu Prapaskah V, Thn C/I
Bac I : Yeh 37: 21 – 28Injil       : Yoh 11: 45 – 56

Ketegangan antara orang Yahudi dan Yesus semakin meningkat tajam. Dalam Injil hari ini dilukiskan bagaimana situasi hati pimpinan tinggi orang Yahudi yang mulai panas. Emosi yang panas di kalangan para pimpinan agama ini dilatarbelakangi ketakutan akan kehilangan jabatan dan uang.  "Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat. Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita." (ay. 47-48).

Demi uang dan jabatan inilah akhirnya mereka mengambil keputusan biadab untuk meleyapkan Yesus. "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa."

Sering dalam kehidupan kita bersikap seperti para pimpinan agama Yahudi ini. Demi ego atau kesenangan kita (akan uang dan jabatan) kita menyingkirkan orang lain yang tidak seide atau suka mengusik kita. Sekalipun apa yang disuarakan oleh orang lain itu baik dan benar, tetap saja kita merasa terusik. Mungkin apa yang baik dan benar itu bertentangan dengan kebiasaan kita yang sudah mapan.

Karena itu, Injil hari ini mengajak kita untuk menyingkirkan sikap seperti itu. Tuhan, lewat sabda-Nya ini, menghendaki agar kita mau membuka diri akan sesuatu yang baik dan benar, sekalipun itu tidak disukai karena kemapanan kita. Secara tidak langsung, Injil mengajak kita untuk mau dan berani berubah.

by: adrian