Kepercayaan menjadi sesuatu yang mahal dewasa ini. Keberhasilan suatu
bisnis bisa bermula dari kepercayaan. Tanpa dilandasi suatu rasa percaya, kerja
sama kedua belah pihak bisa berakhir.
Apabila sebuah kepercayaan dikhianati, proses untuk mengembalikan
kepercayaan tersebut menjadi sebuah kerja keras. Hasilnya pun tidak bisa
sepenuhnya kembali pada kondisi persis seperti semula. Lantas, bagaimana cara
untuk menumbuhkan dan menjaga sikap percaya, apalagi jika Anda merupakan sosok
yang baru di lokasi kerja atau dalam sebuah kerja sama?
Dikutip dari time.com, terdapat beberapa cara untuk
menumbuhkan rasa percaya. Di antaranya bersikap jujur. Meskipun
Anda tidak mempunyai kepentingan tertentu, biasakanlah bersikap dan berbicara
dengan jujur. Kebiasaan ini akan terbawa dalam dunia bisnis dan dunia kerja.
Tanpa bersusah payah, kepercayaan akan timbul jika Anda konsisten dalam
bersikap jujur.
Hindarilah gosip. Hal ini seolah tidak mungkin karena tanpa disadari banyak gossip berputar di lingkungan kerja atau lingkungan pergaulan. Siasatnya, daripada mendengarkan gosip atau desas-desus, lebih baik Anda pastikan kebenaran gosip atau kabar burung dengan menanyakannya pada pihak yang bersangkutan secara langsung.