Sabtu, 24 Agustus 2013

Menjadi Pemilih Cerdas

JANGAN MEMILIH KUCING DALAM KARUNG
Pedoman Menjadi Pemilih Cerdas
Tak lama lagi, tahun 2014, Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi dalam acara pemilihan umum. Pemilihan umum saat ini akan terjadi dua jenis, yaitu pemilihan calon legislatif dan pemilihan presiden. Sejak orde reformasi, gaya pemilihan kita sudah berubah. Presiden tidak lagi dipilih oleh anggota dewan hasil pemilihan legislatif, melainkan langsung oleh rakyat. Anggota dewan pun bukan lagi dipilih partainya saja, melainkan langsung wajah anggota dewannya.

Dalam pemilihan calon legislatif, pemilih akan berhadapan dengan kertas yang memuat foto wajah calon legislatif dan asal partainya. Pemilih diminta untuk mencoblos wajah calon dan partainya. Dengan cara ini pemilih diharapkan sudah mengenal wakilnya di DPR nantinya, karena sudah melihat foto wajahnya. Dengan sistem ini, maka pemilih tidak lagi memilih kucing dalam karung. Hal yang sama dengan pemilihan presiden.

Kebanyakan orang mengira bahwa dengan sistem tersebut, maka selesailah sudah masalah. Memang, sistem ini dapat membantu pemilih untuk kenal wakilnya, namun masih sebatas wajah. Sistem ini belum menjamin para pemilih untuk mengenal siapa wakilnya. Sistem ini sudah dipraktekkan sejak PEMILU 2004. Dulu kebanyakan orang memilih karena hanya terpusat pada wajah saja: ganteng, menarik, cantik, dll. Tapi apakah ada perubahan drastis pada wajah negeri kita?

Bukan berarti sistem ini tidak bagus. Akan tetapi janganlah sistem ini dijadikan satu-satunya acuan dalam memilih wakil dan presiden kita. Harus ada cara lain. Cara lain itu tak lain adalah benar-benar mengenal. Bagaimana kita bisa mengenal? Yesus pernah berkata, “Jika suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.” (Matius 12: 33).

Karena itu, selain kenal wajahnya, kita juga harus memperhatikan “buah” yang telah dihasilkan calon kita ini. Namun, berkaitan dengan “buah” ini, ada yang harus kita perhatikan. Memang “buah” itu selalu diidentikkan dengan manfaat. Jadi, di sini ada asas manfaat. Berkaitan dengan asas manfaat ini ada hal yang harus diubah dalam mental kita.

Selama ini, sering orang berpikir bahwa tolok ukur asas manfaat ini adalah saya atau kami. Orang seringkali menuntut kepada calon legislatif atau juga presiden untuk membuktikan janjinya dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya atau kelompoknya. Misalnya, pengaspalan jalan atau pemasukan aliran listrik, dll. Jadi, terlihat bahwa para pemilih hanya masih memikirkan kepentingan diri/kelompoknya sendiri, bukan kepentingan umum. Pemilih hanya memikirkan kepentingan sesaat saja, bukan untuk lima tahun ke depan.

Sebuah contoh, di sebuah kampung, penduduk sudah sepakat untuk memilih Anu dari Partai Una, hanya karena ia sudah mengaspal jalan masuk ke kampung itu dan menghadiahkan 3 mesin traktor untuk pertanian. Istri Anu adalah pegawai dari dinas pertanian.

Mari kita berpikiran negatif sebentar. Anu ini orang lama di pemerintahan atau mengetahui banyak hal di pemerintah. Bisa saja dia buat proyek untuk “kesejahteraan” masyarakat, lalu membuat proposal ke pemerintah. Mungkin juga, dalam lobi ini dia sudah kongkalikong dengan pejabat pemerintah terkait, sehingga keluarlah dana pengaspalan, yang dilihat warga sebagai kemurahan hati Anu. Hal yang sama juga dengan mesin traktor. Bisa saja sang istri membuat proyek yang isinya mesin traktor. Mungkin untuk “bukti” itu Anu hanya mengeluarkan dari kantong pribadinya sekitar 50%, selebihnya dari pemerintah. Dan jika dari pemerintah, artinya dari rakyat juga; karena uang pemerintah sebagian besar dari dari pajak rakyat.

Dan bagaimana jika ia akhirnya terpilih? Ingat, Anu hanya berani melakukan hal itu, jika dari kalkulasinya, kampung itu memiliki banyak suara pemilih sehingga peluangnya untuk menang sangat besar. Dan jika ia sudah terpilih, bisa saja ia akan mengucapkan selamat tinggal kepada warga kampung dan ia enak-enakan saja menikmati fasilitas sebagai anggota dewan atau sebagai presiden. Sementara warga kembali kepada situasi yang itu-itu saja.

Karena itu, jangan begitu cepat percaya. Jangan begitu mudah terpikat. Sering orang hanya berpikir jangka pendek dan hanya untuk kepentingan sendiri atau kelompok. Memanfaatkan momen pemilu ini, kita harus berpikir global, yaitu demi kepentingan bersama, dan untuk jangka panjang, yaitu selama lima tahun ke depan, bahkan seterusnya. Pola pikir seperti di atas, yang hanya berpikiran sempit, harus diganti. Kita harus memakai metode Yesus: mengenal pohon dari buahnya. Bagaimana caranya?

Pertama-tama harus dibedakan antara janji dengan “buah”. Janji itu bukanlah “buah”. Dalam dunia tumbuhan, janji dapat diidentikkan dengan bunga. Memang buah itu berasal dari bunga. Dan bunga itu selalu indah. Demikian pula dengan janji yang selalu dilontarkan calon legislatif. Janji itu selalu indah, sehingga membuat orang terbuai. Tapi musti diingat bahwa bunga bukanlah buah, dan tak selamanya bunga itu menjadi buah. Maka, sekalipun pohon itu berbunga lebat dan indah, tapi bila tidak menghasilkan buah, pohon itu tidak baik. Buah adalah hasil dari pohon yang selalu ditunggu orang. Bunga hanya menimbulkan harapan, sedangkan buah mendatangkan kegembiraan.

Tentulah, penilaian atas pohon baik atau tidak, bukan dilihat dari awal penanaman pohon. Artinya, ketika kita menanam sebuah pohon, kita tak bisa langsung mengatakan bahwa pohon ini baik. Sebuah pohon dikatakan baik karena dia pernah menghasilkan buah yang baik. Dan cap “baik” ini akan terus mengiringinya dengan buah-buah yang selalu dihasilkannya.

Maka, untuk benar-benar mengenal wakil kita yang akan duduk di dewan nanti atau pemimpin kita kelak, kita tak cukup hanya mengandalkan janji manis mereka. Kita juga tak boleh hanya melihat apa yang sudah mereka lakukan saat ini untuk segelintir orang saja. Kita perlu rekam jejak mereka lalu dikaitkan dengan janjinya. Apakah janji yang diucapkannya sudah sejalan dengan hidupnya selama ini?

Sebagai contoh. Si Polan, ketika berkampanye, menjanjikan Indonesia yang bersih dari korupsi, menghargai pluralitas, meningkatkan kesejahteraan buruh dan memajukan pendidikan. Kini warga harus melihat rekam jejaknya sebelum mencalonkan diri jadi pemimpin/wakil rakyat. Mungkin si Polan sebelumnya sudah anggota dewan. Coba perhatikan, apakah selama menjadi anggota dewan dia sudah pernah mewujudkan janjinya tadi? Atau mungkin si Polan aktif di sebuah lembaga swadaya masyarakat. Warga harus melihat apakah selama bekerja di LSM itu dia menunjukkan perhatiannya pada masalah-masalah di atas?

Jika calon kita ini berkampanye soal menghargai pluralitas, tapi dia pernah menghina agama lain atau menghambat pembangunan rumah ibadah lain, ini berarti calon yang tidak baik. Apabila calon kita ini berjanji akan membersihkan negeri ini dari korupsi, sementara partainya atau dia sendiri pernah terlibat dalam kasus korupsi, ini berarti dia hanya berjanji saja. Dia bukan calon pemimpin/wakil yang baik. Bila calon kita ini mengatakan akan meningkatkan kesejahteraan buruh, tapi selama ini perhatiannya kepada buruh rendah sekali, ini menunjukkan dia tidak memiliki kualitas sebagai pemimpin yang baik.


Sebagai perbandingan, kita dapat bercermin dari Jokowi dan Ahok. Mereka datang ke Jakarta dan berjanji akan mengubah wajah Jakarta: kesehatan, pendidikan, transportasi, birokrasi, dll. Apakah pada saat kampanye mereka melakukan sesuatu pada rakyat untuk membuktikan janjinya? TIDAK! Warga hanya melihat rekam jejak mereka. Warga melihat Jokowi ketika ia masih menjabat Walikota Solo, dan Ahok ketika ia menjabat Bupati Belitung Timur. Warga melihat ada kesesuaian antara janji dengan “buah” yang sudah dihasilkan Jokowi dan Ahok, sehingga warga percaya bahwa kelak mereka akan mewujudkan janjinya. Karena itu, warga sama sekali tidak terpancing dengan isu agama atau isu money politic. Warga Jakarta adalah contoh pemilih yang cerdas.

Tinggal beberapa bulan lagi kita akan memilih. Berusahalah mengenal wakil Anda. Jangan terbuai dengan janji manisnya. Jangan pula berpikir sempit, hanya melihat kepentingan kelompok sendiri dan kepentingan sesaat. Nasib bangsa dan daerah Anda ada di tangan Anda, yang dipercayakan kepada para wakil rakyat. Semoga Anda dapat memilih wakil rakyat yang benar, apapun latar sosial, agama dan sukunya. Yesus pernah menegur sikap para rasul yang hanya memperhatikan kelompoknya saja. (Mrk 9: 38 - 40).

Selamat mengenal!!!

by: adrian 

Orang Kudus 24 Agustus: St. Bartolomeus

SANTO BARTOLOMEUS, RASUL
Bartolomeus berarti ‘anak Tolmai’. Ada semacam keragu-raguan tentang nama rasul ini; apakah itu nama sesungguhnya dari rasul Bartolomeus, ataukah sekedar dipakai sebagai nama tambahan untuk menunjukkan bahwa dia adalah anak Tolmai. Rasul Yohanes dalam Injilnya tidak mengatakan apa-apa tentang rasul yang disebut Bartolomeus ini. Yohanes hanya menulis tentang seseorang yang dinamakan Natanael, sahabat karib Filipus yang kemudian mengikuti Yesus (Yoh 1: 45 – 51). Atas dasar ini, banyak sejarahwan dan ahli Kitab Suci menyimpulkan bahwa kedua nama itu, Bartolomeus dan Natanael, menunjuk pada orang yang sama. Kemungkinan Bartolomeus pun adalah sahabat karib Yohanes.

Dalam Perjanjian Baru, nama Bartolomeus ditemukan dalam ketiga Injil Sinoptik: Matius 10: 3, Markus 3: 18,dan Lukas 6: 14, dan di dalam Kisah Rasul-rasul 1: 13. Ia bukanlah seorang nelayan seperti keempat rasul lain: Andreas, Yohanes, Simon dan Filipus, yang berasal dari Betsaida dan dikenal sebagai nelayan tasik Genesareth. Ia seorang petani, karena berasal dari Kana, sebuah kampung yang cukup jauh dari tasik Genesareth. Lagi pula ayahnya ‘Tolmai’ berarti ‘petani’. Dan alasan itu diperkuat lagi oleh peristiwa pertemuannya dengan Filipus di kebunnya di bawah pohon ara (Yoh 1: 45 – 51).

Yohanes dalam Injilnya menggambarkan Bartolomeus sebagai seorang yang jujur dan tulus, bahkan oleh Yesus dia disebut ‘Orang Israel Sejati’, yang kemudian menjadi murid setiawan Yesus. Pada peristiwa penampakan Yesus kepada 7 orang rasul-Nya di tepi danau Tiberias, Natanael juga hadir menyaksikan peristiwa itu. Pada hari pentekosta, oleh kekuatan Roh Kudus, Bartolomeus menjadi salah satu pendekar Gereja yang mewartakan Injil ke berbagai tempat.

Eusebius, sejarahwan dari Kaisarea (260 – 340), dalam bukunya ‘Historia Ecclesiastica’ menceritakan bahwa Bartolomeus menjadi pewarta Injil Kristus di belahan dunia Timur. Santo Hieronimus (340 – 420), pelanjut karya Eusebius, mengisahkan bahwa Panteanus dari Aleksandria, ketika mewartakan Injil di India pada awal abad ketiga, menemukan bukti-bukti kuat tentang karya misioner rasul Bartolomeus. Kepada Panteanus, orang-orang India menunjukkan satu salinan Injil Mateus yang ditulis dalam bahasa Ibrani untuk membuktikan bahwa mereka (orang-orang India) telah diajar oleh Bartolomeus kira-kira satu setengah abad yang lalu. Hieronimus selanjutnya menjelaskan bahwa Panteanus kemudian membawa salinan Injil Mateus itu ke Aleksandria.

Catatan-catatan Gereja lainnya tentang periode ini berbicara tentang Bartolomeus yang mewartakan Injil di Hierapolis, Asia Kecil. Di sana Bartolomeus berkarya bersama-sama dengan Filipus. Sepeninggal Filipus dan pembebasannya dari penjara, Bartolomeus mewartakan Injil di Provinsi Likaonia, Asia Kecil.

Bangsa Armenia pun menyebut Bartolomeus sebagai rasul mereka. Mereka mengatakan bahwa Bartolomeus-lah orang pertama yang menobatkan mereka hingga mati sebagai martir Kristus di Albanopolis, tepi Laut Kaspia, pada masa pemerintahan Astyages, Raja Armenia. Selain berkarya di antara orang-orang Armenia, Bartolomeus juga berkarya di Mesopotamia, Mosul (Kurdi, Irak), Babilonia, Kaldea, Arab dan Persia.

sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Renungan Pesta St. Bartolomeus

Renungan Pesta St. Bartolomeus
Bac I   : Why 21: 9b – 14; Injil    : Yoh 1: 45 – 51

Hari ini Gereja mengajak kita memperingati pesta Santo Bartolomeus, atau yang dikenal juga dengan nama Natanael. Bartolomeus merupakan salah satu dari kedua belas rasul Tuhan Yesus. Bacaan pertama hari ini mengisahkan penglihatan Yohanes tentang kota yang kudus. Kota kudus itu mengacu kepada Gereja Kristus. Dalam penglihatan Yohanes itu, dapatlah diartikan bahwa Gereja Kristus didasarkan pada kedua belas rasul Anak Domba, yang adalah Yesus Kristus.

Injil hari ini secara khusus mengisahkan tentang panggilan Natanael, yang adalah Bartolomeus. Terlihat awalnya Natanael meragukan Yesus. Namun akhirnya ia percaya dan siap memberikan dirinya untuk Kristus. Karena itulah, Yesus “meramalkan” apa yang akan terjadi pada dirinya.

Hari ini Tuhan melalui sabda-Nya, kembali mengingatkan kita bahwa para rasul adalah dasar dari Gereja Kristus. Mereka bukan cuma sebagai penjaga iman, melainkan penjamin kebenaran iman. Dengan merayakan pesta Santo Bartolomeus ini, kita diajak untuk semakin mencintai Gereja-Nya, dan bersedia memberi diri untuk perkembangan Gereja Kristus.

by: adrian