Kamis, 15 Mei 2014

Orang Kudus 15 Mei: St. Pakomius

SANTO PAKOMIUS, RAHIB & PENGAKU IMAN

Pakomius lahir di Thobaid Utara, Mesir pada tahun 287. Keluarganya masih tergolong kafir. Pada umur 20 tahun, ia masuk dinas ketentaraan atas perintah rajanya. Dalam suatu perjalanan dinas melintasi lembah sungai Nil, ia bersama rekan-rekannya disambut dengan ramah oleh orang-orang Kristen di Latopolis (Esneh). Penyambutan ini sangat mengesankan bagi Pakomius dan menjadi baginya saat ber-rahmat. 

Segera ia mengakhiri masa baktinya dalam dinas ketentaraan, ia pergi ke Khenoboskiaon, satu daerah yang dihuni oleh orang-orang Kristen. Di sana ia mendaftarkan diri sebagai katekumen (calon permandian). Dia mengikuti pelajaran agama dan kemudian menerima Sakramen Permandian.


Ketika ia mendengar bahwa ada seorang pertapa saleh di padang gurun, ia segera ke sana untuk menjadi murid pertapa itu, Palameon -- demikian nama pertapa saleh itu -- menerima dia dengan senang hati dan memberinya tugas-tugas berat. Melihat ketahanan mental Pakomius, Palameon memperkenankan dia mengenakan pakaian pertapaan. Pada suatu hari, ketika sedang berjalan-jalan di pesisir sungai Nil, Pakomius mendengar suatu suara ajaib. Suara itu menyuruh dia mendirikan sebuah biara di Tabennisi, tepi sungai Nil. Ia mengikuti suruhan suara ajaib itu. 

Yohanes, saudara kandungnya menjadi muridnya yang pertama. Dalam perkembangan selanjutnya, jumlah muridnya terus bertambah. Besarnya jumlah murid ini mendorong Pakomius untuk menciptakan aturan hidup bersama sebagai pedoman hidup dalam usaha mencapai cita-citanya. Pakomius menjadi pembimbing mereka dengan contoh dan teladan hidupnya. Pakomius mendirikan lagi enam buah biara di Thebaid untuk menampung semua muridnya yang terus saja bertambah. Ia sendiri menjadi pemimpin biara di Pabua, dekat Thebes. Dalam kepemimpinannya, Pakomius dengan tegas melawan ajaran bidaah Arianisme. Ia meninggal dunia pada tahun 347.

Tinjauan Buku SEJARAH TEROR

SEJARAH TEROR, JALAN PANJANG MENUJU 11/9
Liburan Natal dan Tahun Baru yang lalu (23 Des – 8 Jan) saya ke Yogyakarta. Sudah menjadi kebiasaan saya, kemana pun pergi, saya selalu membawa buku bacaan sebagai teman perjalanan. Dalam liburan ini buku yang saya baca adalah KUDETA MEKKAH (ulasan bukunya lihat di sini). Dan kebiasaan saya juga adalah menyambangi toko buku untuk mencari buku. Salah satu toko buku yang saya kunjungi adalah Toko Buku Kanisius.

Ketika di Kanisius, mata saya langsung tertuju ke sebuah buku, yang bagi saya amat sangat menarik. Buku yang ditulis oleh Lawrence Wright ini berjudul “SEJARAH TEROR: Jalan Panjang Menuju 11/9”. Yang membuat buku ini menarik adalah saat itu saya hampir menyelesaikan bacaan saya sehingga saya butuh bacaan lain lagi. Selain itu buku ini memiliki keterkaitan meski ditulis oleh dua penulis yang berbeda. Dalam buku KUDETA MEKKAH dikatakan bahwa aksi yang dilakukan Juhaiman menjadi cikal bakal tragedi 11 September. Karena itu, saya berpikir bahwa buku SEJARAH TEROR merupakan kelanjutan dari KUDETA MEKKAH. Akhirnya saya membelinya, bersama beberapa buku lainnya. Dan ternyata apa yang dikatakan Yaroslav Trofimov dalam bukunya “Kudeta Mekkah” benar, yaitu ada kaitan antara aksi Juhaiman dan tragedi 11 September, yang dilakukan oleh al-Qaeda.

Wright menyajikan tulisannya dalam bentuk narasi, sama seperti Yaroslav Trofimov, sehingga enak membacanya. Bahasa yang dipakai pun cukup sederhana bagi pembaca awam sekalipun. Buku, yang edisi Indonesianya ini diterbitkan oleh Penerbit Kanisius, mempunyai 576 halaman dilengkapi beberapa foto-foto dokumentasi.

Meski buku ini terbilang bagus, namun masih terdapat beberapa kekurangan. Pertama, judulnya “Sejarah Teror” agak tendensius, karena seakan-akan hanya islam saja yang memiliki tradisi teror. Kedua, sekalipun dikatakan “Sejarah Teror”, namun tidak terungkap jelas akar terorisme itu. Padahal, salah satu harapan pembaca adalah mengetahui penyebab terorisme. Ketiga, ending ceritanya terkesan tiba-tiba dan cepat. Karena Lawrence Wright menggunakan gaya narasi dalam penulisannya, maka dia menggunakan alur cerita. Nah, saya merasa bahwa akhir cerita buku ini muncul mendadak dan begitu singkat (hlm. 446 – 551).

Apa yang mau dikatakan Lawrence Wright lewat bukunya ini? Sebenarnya ada banyak hal yang hendak disampaikan. Namun saya menampilkan dua catatan besar.

     1.     Islam dan Terorisme
Membaca buku ini, kita akan dicengangkan betapa terorisme mendapatkan pendasarannya pada ajaran islam. Di banyak halaman buku ini diungkapkan bahwa tindakan yang dilakukan para teroris didasarkan pada Al-Quran. Kita bisa melihat aksi kelompok-kelompok islam radikal, baik di Mesir, Arad Saudi, Afganistan dan beberapa tempat lainnya yang memakai ayat-ayat Al-Quran sebagai pembenaran atas tindakannya membunuh, menghancurkan, memusuhi, berperang, dll.
Lawrence Wright menulis betapa para tokoh sentral teroris ini adalah juga orang yang teguh berpegang pada agamanya. Misalnya Juhaiman, Azzam, Zawahiri, Syeikh Omar, Osama bin Laden, Mullah Omar, dll. Bahkan ada yang menilai bahwa Osama bin Laden merupakan prototipe Muhammad. Karena itulah, menjadi pertanyaan kita: bagaimana bisa seseorang yang religius sekaligus juga teroris.
Dengan dasar Al-Quran itu, para teroris ini bukan saja menebarkan ketakutan, melainkan juga permusuhan kepada orang Barat dan kristen. Sekalipun tidak tahu apa-apa, baik orang Barat (termasuk Amerika) maupun kristen di mana pun ia berada, menjadi dasar permusuhan. Contoh konkret, seperti yang diutarakan Lawrence Wright, yaitu bahwa ketika al-Qaeda sudah merencanakan aksinya menyerang Amerika, pihak Amerika sama sekali tidak punya pikiran jahat terhadap mereka. Amerika tidak menganggap al-Qaeda sebagai musuh, kecuali pasca 11 September.
Ada tiga hal yang selalu menjadi sasaran kebencian kaum muslim, yaitu Kristen, Yahudi dan Barat (Amerika). Mereka melihat bahwa Amerika merupakan pusat kekristenan (hlm. 215). Segala keburukan yang menimpa dunia islam, sekalipun tidak ada hubungannya dengan ketiga obyek tadi, selalu dikaitkan dengan obyek tadi. Dan anehnya, orang kristen, Yahudi dan Amerika yang tidak tahu apa-apa, selalu menjadi sasaran/korban. Lihat saja kasus bom beberapa gereja di Indonesia. Bahkan Paus Yohanes Paulus II pun hendak dijadikan sasaran (hlm. 224, 296).
Apa yang dilakukan oleh kelompok islam radikal terhadap ketiga obyek itu bukan hanya mau menunjukkan kefanatikan melainkan juga paranoia. Berkaitan dengan obyek dunia kristen ini, paranoia itu tak bisa dilepaskan dari sejarah Perang Salib. Di sini terlihat jelas bahwa kaum muslim belum bisa berdamai dengan sejarah masa lalu, tidak seperti saudaranya kristen. Mereka masih membawa semangat itu, apalagi mereka memiliki tujuan untuk mengislamkan dunia.
Sekalipun kelompok non radikal menilai bahwa kelompok radikal itu salah, namun jarang terdengar kecaman terhadap mereka. Kebanyakan mereka memilih diam. Lihatlah yang terjadi di Amerika, ketika Syekh Omar Abdul Rahman melancarkan serangan lewat kotbah-kotbahnya di beberapa tempat di Amerika (hlm. 221 – 223). Umat yang mendengar tidak melapor ke pihak yang berwajib, melainkan diam saja. Diam di sini bisa diartikan tanda setuju atas apa yang disuarakan sang syekh.
Satu hal yang menarik adalah pernyataan bahwa tragedi 11 September tak bisa dipisahkan dari budaya Arab Saudi. Banyak orang Arab, salah satunya Jamal Khashonggi, membenarkan bahwa Arab Saudi memiliki tanggung jawab budaya atas terjadinya tragedi 11 September (hlm. 472). Bisa dikatakan aksi kekerasan dan kebiadaban merupakan sumbangan dari Arab. Islam tak bisa dilepaskan dari Arab. Karena itu ada pendapat bahwa islamisasi itu identik dengan arabisasi. Menerima agama islam selalu disertai juga dengan penerimaan budaya Arab. Salah satunya adalah kekerasannya. Maka dari itu kita bisa maklum kenapa Indonesia, yang biasanya dikenal sebagai bangsa yang ramah berubah menjadi bringas. Ini bisa dilihat pada kelompok-kelompok islam garis keras seperti FPI, HTI, dll. Atas kekerasan yang mereka lakukan, adakah kecaman dan fatwa haram dari MUI?

      2.     Tragedi 11 September
Satu pertanyaan muncul berkaitan dengan tragedi 11 September adalah kenapa hal itu bisa terjadi? Bukankah Amerika memiliki sistem keamanan yang canggih?
Lawrence Wright mengungkapkan beberapa alasannya. Pertama, pihak Amerika tidak memiliki prasangka negatif terhadap kelompok islam garis keras. Mereka belum berpikir bahwa kelompok ini merupakan ancaman bagi negaranya. Karena itu, antisipasi menghadapi aksi kelompok islam radikal, yang umumnya berasal dari dunia Arab, sangat minim. Misalnya penguasaan bahasa, budaya, tradisi dan hal-hal yang berkaitan dengan islam dan Arab.
Alasan kedua merupakan alasan mendasar, yaitu adanya persaingan di antara instansi pemerintah dan tidak saling mendukung dalam melihat sebuah masalah bersama. Persaingan itu terjadi antara FBI dan CIA serta Dewan Keamanan. Beberapa instansi pemerintah pun terkesan kurang memberi dukungan. Misalnya, Dubes Yaman. Karena itu, Lawrence Wright menilai bahwa jika ada kerja sama yang baik antara FBI dan CIA dan jika FBI (John O’Neill) didengar dari awal, maka tidak akan terjadi tragedi 11 September.
Jakarta, 5 Mei 2014

by. adrian

Renungan Hari Kamis Paskah IV - A

Renungan Hari Kamis Paskah IV, Thn A/II
Bac I   : Kis 13: 13 – 25; Injil        : Yoh 13: 16 – 20;

Hari ini sabda Tuhan hendak menyampaikan soal sikap tahu diri. Dalam kehidupan tentu ada tingkatan-tingkatan. Dengan sikap tahu diri, orang bisa menyadari siapa dirinya. Kesadaran ini dapat mendatangkan rasa bahagia. Dalam Injil Yesus mengatakan bahwa “seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.” (ay. 16). Yesus meminta para murid untuk tahu diri dan sadar akan dirinya. Lebih lanjut Yesus menegaskan bahwa “berbahagialah kamu jika kamu melakukannya.” (ay. 17).

Bacaan pertama menampilkan sosok baru, yaitu Paulus. Orang yang sebelumnya hendak membinasakan pengikut Yesus dan ajaran-Nya, kini berbalik mewartakan Yesus. Di rumah ibadah di Pisidia, Antiokia, Paulus mewartakan sejarah keselamatan Allah yang berpuncak pada Yesus Kristus. Dalam sejarah keselamatan itu terselip sosok Yohanes Pembaptis. Sosok ini terlihat tampil sebagai sosok yang tahu diri. Kepada orang banyak Yohanes terang-terangan mengaku bahwa dirinya bukanlah “Dia yang kamu sangka, tetapi Ia akan datang kemudian dari padaku. Membuka kasut dari kaki-Nya pun aku tak layak.” (ay. 25).

Dewasa ini banyak orang tampil tanpa menyadari siapa dirinya. Banyak remaja tampil bahkan berani melakukan tindakan bak suami istri. Ada karyawan bertingkah seperti boss dan memerintah orang lain. Singkat kata, banyak orang tidak tahu diri. Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita untuk tahu diri. Tuhan menghendaki kita supaya kita menyadari diri kita, baik di hadapan sesama maupun di hadapan Tuhan. Dengan sikap ini, maka akan terbangunlah sikap rendah hati.

by: adrian