Dijauhi rekan kerja, dibenci
bos, dan tidak dihormati klien, lengkap sudah masalah seputar pekerjaan. Kenyamanan
bekerja pun berkurang. Bisa saja Anda menyalahkan semua orang. Namun,
sebelumnya telitilah dulu diri sendiri. Jangan-jangan ada sejumlah kesalahan
kecil yang tanpa sadar dilakukan terus menerus dan menyebabkan Anda dicap “karyawan
bandel”. Jika ingin tahu cirinya, berikut ini beberapa sikap yang sebaiknya
dihindari di kantor.
Terlambat
Janji datang pukul 11.00,
tetapi baru tiba pukul 12.00 mungkin terasa wajar bila terjadi sekali karena
suatu halangan. Namun bila “ngaret” menjadi kebiasaan, jangan heran bila klien
ragu pada karyawan. Apalagi jika hampir setiap kali masuk kantor selalu
terlambat. Atasan bisa naik pitam karena produktivitas berkurang gara-gara
sering terlambat.
Antikritik
Memiliki pendapat atau opini
pribadi mengenai suatu hal merupakan hal yang wajar. Namun bila pendapat tidak
bisa ditangkis dan sulit menerima pendapat dari orang lain, seorang karyawan
pun akan terlihat menyebalkan. Lebih-lebih bila sikap ini ditambah dengan
respons negatif dan keras yang muncul setiap kali dikritik. Orang-orang di
sekeliling pun bisa menyingkir.
Malas
Selalu menunda pekerjaan,
pengerjaan tugas setengah hati, dan lamban bergerak adalah ciri-ciri karyawan
yang malas. Hindarilah sikap ini jika seorang karyawan tidak ingin mendapat
teguran dari atasan atau surat peringatan dari perusahaan.