Tentu kita pernah melihat seorang anak kecil
bersikap seperti biasa ketika ada salah seorang anggota keluarganya meninggal
dunia. Anak itu bermain seperti biasa. Tidak ada kesedihan dalam dirinya. Hal ini
disebabkan karena anak belum memahami konsep kematian. Dalam bukunya PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5), Elizabeth B. Hurlock membeberkan kategori konsep yang umum pada akhir masa anak-anak (hlm
164).
Kehidupan
Meskipun beberapa anak sulit untuk mengerti bahwa banyak hal yang bergerak
– seperti sungai, misalnya – bukan merupakan sesuatu yang hidup, namun mereka
semakin sadar bahwa gerakan bukanlah satu-satunya criteria dari kehidupan.
Kematian
Anak yang mengalami kematian anggota keluarga atau matinya hewan
peliharaan, mempunyai pengertian yang baik tentang makna kematian, dan bobot
emosi dari konsepnya tentang kematian diwarnai oleh reaksi-reaksi orang di
sekitarnya.
Kehidupan setelah Mati
Konsep kehidupan setelah mati terutama bergantung pada perintah agama yang
diterima anak dan pada apa yang diyakini oleh sesame temannya.
Fungsi-fungsi Tubuh
Sampai anak mulai mempelajari kesehatan di sekolah dasar, banyak konsep
tentang fungsi tubuh yang kurang tepat dan kurang lengkap, terutama tentang
fungsi tubuh internal.
Ruang