Kamis, 11 Agustus 2022

KATEGORI KONSEP YANG UMUM PADA AKHIR MASA ANAK-ANAK

 

Tentu kita pernah melihat seorang anak kecil bersikap seperti biasa ketika ada salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia. Anak itu bermain seperti biasa. Tidak ada kesedihan dalam dirinya. Hal ini disebabkan karena anak belum memahami konsep kematian. Dalam bukunya PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5), Elizabeth B. Hurlock membeberkan kategori konsep yang umum pada akhir masa anak-anak (hlm 164).

Kehidupan

Meskipun beberapa anak sulit untuk mengerti bahwa banyak hal yang bergerak – seperti sungai, misalnya – bukan merupakan sesuatu yang hidup, namun mereka semakin sadar bahwa gerakan bukanlah satu-satunya criteria dari kehidupan.

Kematian

Anak yang mengalami kematian anggota keluarga atau matinya hewan peliharaan, mempunyai pengertian yang baik tentang makna kematian, dan bobot emosi dari konsepnya tentang kematian diwarnai oleh reaksi-reaksi orang di sekitarnya.

Kehidupan setelah Mati

Konsep kehidupan setelah mati terutama bergantung pada perintah agama yang diterima anak dan pada apa yang diyakini oleh sesame temannya.

Fungsi-fungsi Tubuh

Sampai anak mulai mempelajari kesehatan di sekolah dasar, banyak konsep tentang fungsi tubuh yang kurang tepat dan kurang lengkap, terutama tentang fungsi tubuh internal.

Ruang