Selasa, 31 Maret 2015

(Inspirasi Hidup) Baik Itu Bukan Karena Jabatannya

JANGAN LIHAT JABATANNYA
Selama ini kita tahu bahwa nabi itu adalah utusan Tuhan. Mereka selalu membawa pesan dari Tuhan. Hal ini membuat kita berpikir bahwa hidup mereka sangatlah dekat Tuhan, karena mereka mempunyai relasi istimewa dengan Tuhan. Dari gambaran ini tak salah jika kita berkesimpulan bahwa nabi itu adalah orang yang baik.

Akan tetapi, Yeremia membuka mata kita bahwa tidak selamanya nabi itu baik. Dalam Yeremia 28: 1 – 17 dikisahkan ada nabi bernama Hananya bin Azur yang berasal dari Gibeon. Dengan mengatasnamakan Tuhan, ia menyampaikan kabar gembira kepada seluruh umat, “Aku telah mematahkan kuk raja Babel itu. Dalam dua tahun ini Aku akan mengembalikan ke tempat ini segala perkakas rumah TUHAN yang telah diambil dari tempat ini oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang diangkutnya ke Babel.” (ay. 2 – 3).

Ketika mendapat tantangan dari Nabi Yeremia, Nabi Hananya memberi semacam perumpamaan tentang pembebasan itu dengan mengambil gandar dari tengkuk Yeremia dan mematahkannya. Hananya berkata di hadapan umat, "Beginilah firman TUHAN: Dalam dua tahun ini begitu jugalah Aku akan mematahkan kuk Nebukadnezar, raja Babel itu, dari pada tengkuk segala bangsa!" (ay. 11).

Menghadapi perumpamaan Hananya ini, Yeremia menggantikan gandarnya sesuai perintah Tuhan. Kini gandarnya bukan lagi dari kayu melainkan berbahan besi. Tentulah Hananya akan mengalami kesulitan untuk mematahkan gadar itu. Yeremia berkata, “Kuk besi akan Kutaruh ke atas tengkuk segala bangsa ini, sehingga mereka takluk kepada Nebukadnezar, raja Babel; sungguh, mereka akan takluk kepadanya! Malahan binatang-binatang di padang telah Kuserahkan kepadanya." (ay. 14). Di sini Yeremia mau mengatakan bahwa penderitaan umat masih akan berlangsung, malah semakin berat. Kuk penindasan akan semakin keras dan berat seperti besi.

Umat menghadapi dua orang nabi, yang sama-sama menyampaikan pesan atas nama Tuhan. Sekalipun sama-sama atas nama Tuhan, namun nada pesannya berbeda. Warta Nabi Hananya menyenangkan, sedangkan warta Nabi Yeremia bernada tidak menyenangkan. Pastilah umat akan lebih memilih Nabi Hananya, karena ia memenuhi keinginan hati umat. Sebaliknya, mereka tidak suka Nabi Yeremia. Warta Yeremia bukannya menyejukkan hati, tapi malah membuat hati umat galau.

Namun Tuhan berkenan pada Yeremia. Dari kisah dapat diketahui bahwa Nabi Hananya akhirnya mati. Di mata Yeremia, Hananya telah berdusta terhadap umat. Di dalam warta Hananya yang menyenangkan hati ternyata terdapat dusta. Hananya merupakan contoh nabi yang buruk, yang hanya mau menyenangkan hati umat supaya umat suka padanya. Hananya tidak mewartakan kebenaran, yang darinya dapat melahirkan pertobatan dalam diri umat.

Kisah di atas benar-benar membuka mata kita bahwa ternyata tidak semua nabi itu baik. Ada saja nabi yang buruk. Jadi, jabatan nabi tidak menjadi jaminan bahwa orang tersebut adalah baik, sekalipun ia menyenangkan umat. Tidak ada kaitan antara jabatan dengan kebaikan seseorang; juga tidak ada kaitan antara menyenangkan umat dengan kebenaran.

Gambaran nabi yang buruk dalam dunia Perjanjian Lama, kembali terungkap dalam zaman modern ini. Gambaran itu memang tidak terdapat dalam diri nabi, melainkan dalam diri imam. Awal Oktober lalu, dalam misa pembukaan sinode keluarga di Vatikan, Paus Fransiskus mengingatkan akan adanya gembala yang buruk. Indikasi keburukan itu terlihat dari keserakahan demi uang dan kekuasaan/jabatan.

Bapa Paus melihat bahwa demi uang dan jabatan kekuasaan, para gembala ini bukannya memikirkan umat melainkan hanya pada dirinya sendiri. Umat dijadikan sasaran untuk mendapatkan uang. Melayani umat bukan demi pelayanan, melainkan demi uang. Jabatan digunakan untuk mendapatkan uang. Dengan kata lain, bagi gembala buruk umat adalah ATM dan jabatan adalah mesin uang.

Gambaran gembala yang buruk ini bukanlah merupakan isapan jempol. Bapa Paus tidaklah mengada-ada. Gambaran itu sangat realistis, bisa ditemukan di mana saja. Ada banyak imam yang begitu serakah terhadap jabatan karena dari jabatan itu ia mendapatkan uang. Karena itu, sekalipun sudah punya jabatan ini dan itu, ia tetap saja ngotot untuk mendapatkan jabatan lain, misalnya ketua yayasan, karena demi uang. Kepada umat dan orang lain ia akan berkata, “Ini kehendak Bapak Uskup. Saya hanya menjalankan saja keputusan. Saya hanyalah imamnya.”

Dengan mengatasnamakan uskup, akan timbul kesan bahwa sebenarnya ia tidak serakah. Padahal masih ada banyak imam lain yang bisa menjabat jabatan itu. Namun imam ini disingkirkan atau dihalang-halangi. Siapa yang menghalang-halangi atau menyingkirkan? Hanya mereka saja yang tahu. Namanya juga gembala yang buruk. Karena itu, segala trik busuk akan terjadi di sana.

Akankah gembala yang buruk ini akan mengalami nasib seperti Nabi Hananya, yang adalah nabi buruk? Zaman sudah berbeda. Perilaku boleh saja sama, namun belum tentu nasib juga ikut sama. Jika dalam zaman Perjanjian Lama, Nabi Hananya mengalami kematian fisik, zaman sekarang gembala buruk mengalami kematian hati nurani.

Dari sini bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa jabatan atau profesi “baik” seseorang bukan berarti bahwa orang itu adalah baik. Nabi dan imam (gembala) adalah jabatan atau profesi “baik”. Orang yang menyandang jabatan sebagai nabi atau imam, akan dinilai sebagai orang baik secara moral religius. Akan tetapi, tidak selamanya jabatan atau profesi “baik” itu berkorelasi pada pribadi yang baik, karena ada nabi yang buruk dan ada juga imam yang buruk seperti contoh di atas.

Karena itu, jangan hanya melihat dari jabatan atau profesinya saja. Tidak ada hubungan antara profesi atau jabatan dengan kebaikan seseorang. Untuk itu, kita diminta untuk bersikap kritis. Salah satu alat bantu untuk bersikap kritis adalah kata-kata Tuhan Yesus, “Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” (Mat 7: 20).
Pangkalpinang, 6 Oktober 2014
by: adrian
Baca juga:

5 komentar:

  1. refleksi yg bagus, terlebih buat para gembala

    BalasHapus
  2. Semoga dibaca oleh uskup dan para imam

    BalasHapus
  3. sungguh membuka mata. smoga aja hati para gembala itu terbuka

    BalasHapus
  4. Aneh juga jika uskup berperan juga melastarikan kebobrokan itu

    BalasHapus
  5. Sungguh menyedihkan jika ada uskup seperti itu

    BalasHapus