Rabu, 23 Juli 2014

Kosa Kata Khusus Pada Masa Kanak-kanak

KOTA KATA KHUSUS PADA AKHIR MASA KANAK-KANAK
Kosa Kata Etiket
Pada akhir kelas satu, anak yang di rumah dilatih menggunakan kata-kata seperti “minta tolong” dan “terima kasih” mempunyai kota kata etiket orang-orang dewasa dalam lingkungan kelurganya.

Kosa Kata Warna
Anak belajar nama semua warna yang umum dan warna yang tidak terlampau umum dipelajari segera setelah masuk sekolah dan memperoleh pendidikan formal dalam kesenian.

Kosa Kata Bilangan
Dari pelajaran berhitung di sekolah anak belajar nama dan arti bilangan.

Kosa Kata Uang
Baik di rumah maupun di sekolah, anak yang lebih besar belajar nama pelbagai macam uang logam dan ia mengerti nilai dari berbagai satuan uang kertas.

Kosa Kata Waktu
Kosa kata waktu dari anak yang lebih besar sama dengan kota kata-kata waktu dari orang-orang dewasa dengan siapa ia berhubungan, walaupun pengertiannya tentang kata-kata waktu kadang-kadang tidak tepat.

Kata-kata Populer dan Kata-kata Makian
Anak belajar kata-kata popular dan kata-kata makian kanak-kanak dari anak-anak yang lebih besar di lingkungan tetangga. Dengan menggunakan kata-kata tersebut anak merasa “dewasa” dan mereka segera mengetahui bahwa penggunakan kata-kata tersebut mempunyai nilai perhatian yang lebih besar.

 Kosa Kata Rahasia
Anak menggunakan kosa kata rahasia untuk berkomunikasi dengan sahabatnya. Dapat berbentuk tulisan, terdiri dari kode-kode yang dibentuk dengan lambang-lambang atau pengganti huruf; lisan, terdiri dari isyarat-isyarat dan menggunaan jari-jari untuk mengkomunikasikan kata-kata. Sebagian besar anak mulai menggunakan salah satu atau beberapa bentuk kata rahasia ini pada saat ia masuk kelas tiga dan penggunaan ini mencapai puncaknya beberapa saat sebelum masa puber.

sumber: Elizabeth B. Hurlock, PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5). Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 153.

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar