KOTA KATA KHUSUS PADA AKHIR MASA KANAK-KANAK
Kosa Kata Etiket
Pada akhir kelas satu, anak yang di rumah dilatih menggunakan
kata-kata seperti “minta tolong” dan “terima kasih” mempunyai kota kata etiket
orang-orang dewasa dalam lingkungan kelurganya.
Kosa Kata Warna
Anak belajar nama semua warna yang umum dan warna yang tidak
terlampau umum dipelajari segera setelah masuk sekolah dan memperoleh
pendidikan formal dalam kesenian.
Kosa Kata Bilangan
Dari pelajaran berhitung di sekolah anak belajar nama dan
arti bilangan.
Kosa Kata Uang
Baik di rumah maupun di sekolah, anak yang lebih besar
belajar nama pelbagai macam uang logam dan ia mengerti nilai dari berbagai
satuan uang kertas.
Kosa Kata Waktu
Kosa kata waktu dari anak yang lebih besar sama dengan kota
kata-kata waktu dari orang-orang dewasa dengan siapa ia berhubungan, walaupun
pengertiannya tentang kata-kata waktu kadang-kadang tidak tepat.
Kata-kata Populer
dan Kata-kata Makian
Anak belajar kata-kata popular dan kata-kata makian
kanak-kanak dari anak-anak yang lebih besar di lingkungan tetangga. Dengan menggunakan
kata-kata tersebut anak merasa “dewasa” dan mereka segera mengetahui bahwa
penggunakan kata-kata tersebut mempunyai nilai perhatian yang lebih besar.
Kosa Kata Rahasia
Anak menggunakan kosa kata rahasia untuk berkomunikasi dengan
sahabatnya. Dapat berbentuk tulisan,
terdiri dari kode-kode yang dibentuk dengan lambang-lambang atau pengganti
huruf; lisan, terdiri dari
isyarat-isyarat dan menggunaan jari-jari untuk mengkomunikasikan kata-kata. Sebagian
besar anak mulai menggunakan salah satu atau beberapa bentuk kata rahasia ini
pada saat ia masuk kelas tiga dan penggunaan ini mencapai puncaknya beberapa
saat sebelum masa puber.
sumber: Elizabeth B.
Hurlock, PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang
Kehidupan. (edisi 5). Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 153.
Baca juga:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar