Selasa, 30 Desember 2014

Renungan Oktaf Natal VI - B

Renungan Oktaf Natal VI, Thn B/I
Bac I    1Yoh 2: 12 – 17; Injil                        Luk 2: 36 – 40;

Hari ini merupakan oktaf natal yang keenam. Hari ini bacaan pertama diambil dari Surat Yohanes yang Pertama. Di dalam suratnya ini, Yohanes menyampaikan nasehatnya kepada anak-anak, bapa-bapa (orang tua) dan anak-anak muda. Pertama-tama Yohanes mau menyadarkan mereka bahwa dosa mereka sudah diampuni oleh nama Yesus Kristus. Karena sudah ditebus, maka Yohanes meminta mereka untuk menjaga rahmat penebusan itu. Hal ini dapat dilakukan dengan hidup sesuai kehendak Allah, hidup dalam kasih-Nya dan senantiasa melakukan kebaikan dan kebenaran.

Apa yang disampaikan Yohanes dalam bacaan pertama, terlihat dalam diri Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer, sebagaimana diwartakan Injil hari ini. Dalam Injil Hana digambarkan sebagai orang yang hidup menurut perintah dan kehendak Tuhan. Dikatakan bahwa Hana “tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.” (ay. 37).

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita untuk selalu hidup mengikuti perintah dan kehendak-Nya. Hal ini sebagai ungkapan syukur dan tanggung jawab atas rahmat penebusan yang telah kita terima dari Tuhan Yesus. kita mendapat contoh teladan dalam diri Hana. Oleh karena itu, melalui sabda-Nya Tuhan menghendaki agar kita senantiasa hidup sesuai kehendak Allah, hidup dalam kasih-Nya dan senantiasa melakukan kebaikan dan kebenaran kepada sesama.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar