Jumat, 07 Februari 2020

JENIS-JENIS MINUMAN KERAS


Minuman keras (miras) atau minuman beralkohol (mikol) sering menjadi minuman yang hadir dalam pesta atau perayaan tertentu dalam masyarakat terutama di negara-negara barat atau negara yang melegalkan minuman keras. Beberapa daerah di Indonesia bahkan termasuk penghasil miras atau mikol ini. Ada yang melalui proses penyulingan, ada juga yang melalui proses fermentasi. Umumnya orang mengenal miras atau mikol ini berdasarkan nama produknya. Ada banyak jenis minuman keras berikut ini adalah contohnya.
1.   Beer
Beer adalah minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi biji-bijian seperti barley, sorgum, gandum, beras, jagung dan masih banyak lainnya. Proses pembuatan beer harus melalui fermentasi yang dikenal dengan istilah “brewing”. Kadar alkohol yang terkandung dalam beer setelah jadi adalah 4 hingga 6%. Beer juga mempunyai banyak varian dan namanya tentu disesuaikan dengan nama negara dimana ia dibuat. Yang masuk kategori beer adalah Hainekken, Carlbergs, Lager, Beer Bintang, Pilsner, dan masih banyak lainnya.
2.   Wine
Wine atau anggur adalah jenis minuman beralkohol lainnya yang kerap dikonsumsi ketika berpesta. Wine sendiri kadang merupakan simbol kemewahan. Berdasarkan penelitian ilmiah, mengkonsumsi wine atau anggur dalam takaran tertentu secara rutin bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Wine terbuat dari buah anggur yang dihancurkan kemudian difermentasikan dengan menggunakan bantuan ragi saccharomyces cerevesiae. Proses fermentasi anggur bisa berlangsung selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Kandungan alkohol dalam wine sekitar 8 hingga 14%. Yang masuk kategori wine adalah Red wine, White wine, Champagne, Carlo-Rossi, dll
3.   Vodka
Vodka adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang paling terkenal. Vodka sebenarnya telah lama dikenal dan bahkan telah diproduksi sejak abad pertengahan, khususnya di negara-negara Eropa seperti Perancis dan Polandia. Vodka terdiri dari air dan alkohol dan dibuat dari hasil fermentasi serella atau kentang. Saat ini vodka banyak diproduksi di pabrik modern dan dikemas dengan berbagai tambahan rasa. Yang masuk kategori vodka adalah absolut, stolichnaya, ketel one, smirnoff, dll.
4.   Cider
Hampir sama dengan wine, cider yang juga dikenal dengan sebutan Apple Wine adalah suatu jenis minuman beralkohol yang terbuat dari buah apel yang difermentasikan. Buah apel dihancurkan kemudian diambil jus atau sarinya baru kemudian difermentasikan dengan ragi. Kadar alkohol yang dihasilkan juga cukup tinggi, sekitar 13%. Yang masuk kategori cider adalah albens, magners, strongbow, sunray, dll.
5.   Rum
Rum adalah sejenis minuman beralkohol terdestilasi yang terbuat dari sari tebu atau molases yang difermentasikan. Rum biasanya dikemas dalam botol atau dipasarkan di negara-negara Eropa dan Amerika dan mengandung alkohol sekitar 37,5%. Yang masuk kategori rum adalah zacopa, el dorado, smatts, dll.
6.   Brandy
Brandy, tipe minuman keras jenis destilasi atau hasil penyulingan ini banyak dikonsumsi dan memiliki warna coklat karamel. Minuman ini biasanya dibuat dari hasil penyulingan wine atau anggur dan biasanya kandungan alkoholnya berkitar 35 hingga 60%. Brandy biasa dikonsumsi sebagai minuman setelah makan malam. Yang masuk kategori brandy adalah christian brothers, coronet, armagnac, applejack, calvados, konyak, dll.
7.   Tequila
Tequila adalah sejenis minuman keras khas kota Tequila, Meksiko, yang terbuat dari tanaman blue agave atau Agave tequilana dengan bantuan fermentasi mikroba. Warna tequila bisa bervariasi dari putih hingga karamel kecoklatan dan kadar alkohol yang dikandungnya sekitar 35%. Minuman yang telah ada sejak abad XVI ini mempunyai banyak varian seperti Bianco, Juven, Reposado dan sebagainya.
8.   Whiskey
Whiskey juga merupakan jenis minuman keras hasil penyulingan yang banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat. Minuman whiskey juga terbuat dari hasil fermentasi biji-bijian yang kemudian disuling dan dikemas. Uniknya, hasil fermentasi whiskey dibuat dan disimpan dalam sebuah gentong atau tong kayu yang terbuat dari pohon oak putih. Kandungan alkohol dalam whiskey cukup tinggi, yakni sekitar 40%. Yang masuk kategori whiskey adalah chivas regal, tullamore dew, teeling, jonnie walker, black & white, dll
9.   Moonshine
Mungkin kita belum terlalu familiar dengan istilah moonshine, tapi istilah minuman keras yang satu ini adalah jenis minuman keras tradisional yang diproduksi di seluruh dunia dengan karakter yang berbeda-beda. Misalnya saja arak dari Indonesia atau sake yang dikenal di Jepang. Kadar alkohol yang ada dalam moonshine juga cukup tinggi, yaitu sekitar 35 hingga 40%.
10.      Alcopops
Berbeda dengabn jenis minuman keras lainnya, alcopops bukan minuman keras murni yang hanya terdiri dari air dan alkohol, melainkan campuran alkohol dengan minuman ringan seperti soft drink atau jus buah. Karena hanya mengandung campuran, alcopops hanya mengandung sekitar 4 hingga 5% alkohol.

by: adrian, diolah dari cintai hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar