Rabu, 08 Januari 2014

Renungan Hari Rabu sesudah Penampakan

Renungan Hari Rabu Biasa sesudah Penampakan, Thn A/II
Bac I   : 1Yoh 4: 11 – 18; Injil      : Mrk 6: 45 – 52

Dalam bacaan pertama, yang diambil dari surat Yohanes yang pertama, Yohanes menegaskan bahwa Allah adalah kasih. Salah satu wujud kasih Allah adalah kehadiran-Nya di dunia ini dalam diri Yesus Kristus. Kehadiran Yesus menunjukkan kepada umat manusia bahwa Allah peduli dan mengasihi umat-Nya. Karena itulah Yohanes mengajak kita untuk membalas kasih Allah itu dengan hidup saling mengasihi.

Jika kita hidup dalam kasih, maka kita tidak perlu merasa takut. Yohanes berkata, “Di dalam kasih tidak ada ketakutan; kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.” (ay. 18). Inilah yang digambarkan Markus dalam injilnya. Para murid yang terkatung-katung di tengah danau karena angin sakal, merasa ketakutan ketika melihat Yesus menghampiri mereka. Mereka takut karena tidak ada kasih dalam diri mereka sekalipun Yesus sudah menunjukkan kasih kepada mereka. Ini bisa terjadi karena “hati mereka tetap degil.” (ay. 52).

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita bahwa Allah telah mengasihi kita dalam diri Yesus Kristus. Tuhan menghendaki supaya kita hidup dalam kasih-Nya dengan saling mengasihi satu sama lain. Kita tak perlu ragu akan kasih Allah itu. Jangan bersikap seperti para murid dalam Injil. Dengan keyakinan bahwa Allah telah mengasihi, maka kita bertanggung jawab untuk juga hidup dalam kasih.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar