Kamis, 09 Januari 2014

Renungan Hari Kamis sesudah Penampakan

Renungan Hari Kamis sesudah Penampakan, Thn A/II
Bac I   : 1Yoh 4: 19 – 5: 4; Injil    : Luk 4: 14 – 22a

Bacaan pertama hari ini masih senada dengan yang kemarin, yaitu tentang penegasan bahwa Allah adalah kasih. Di sini Yohanes kembali mengingatkan bahwa dasar kita hidup dalam kasih adalah “karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” (ay. 19). Yohanes merujuk pada perintah Sang Guru bahwa mengasihi Allah harus terlihat dalam mengasihi sesama.

Dalam Injil, Lukas memperlihatkan pemenuhan nubuat Nabi Yesaya dalam diri Yesus. Dalam nubuat tersebut terlihat wujud kasih Allah yang ditampilkan oleh Yesus: warta gembira bagi kaum miskin (ay. 18), pembebasan bagi para tawanan dan kaum tertindas serta penglihatan bagi orang buta (ay. 19). Di sini Lukas mau mengajak pembacanya untuk menerima Yesus sebagai wujud kasih Allah.

Sabda Tuhan hari ini mau mengingatkan kembali akan perintah kasih yang sudah disampaikan Yesus Kristus. Di sini Tuhan menghendaki supaya kita hidup saling mengasihi satu sama lain sebagai ungkapkan kasih kita kepada Tuhan. Adalah ironis jika kita mengaku bahwa kita mengasihi Tuhan, namun dalam kehidupan kita membenci atau berlaku kasar kepada sesama; apalagi dengan mengatasnamakan Tuhan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar