Rabu, 18 Desember 2013

Renungan Hari Rabu Adven III - A

Renungan Hari Rabu Adven III, Thn A/II
Bac I   : Yer 23: 5 – 8; Injil            : Mat 1: 18 – 24

Hari ini Injil menceritakan perihal kehamilan Maria yang berasal dari Roh Kudus. Namun bukan itu saja yang hendak disampaikan Tuhan melalui kisah tersebut. Karena selain kisah tentang kehamilan Maria, ada juga kisah tentang dilema yang dihadapi oleh Yusuf, suami Maria, yang akan menjadi ayah Yesus. Yang mau ditekankan dalam kisah Injil hari ini adalah perkataan malaikat Tuhan dalam mimpi Yusuf (ay. 23). Pernyataan itu hendak memenuhi ramalan nabi Yesaya (Yes 7: 14).

Bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Yeremia, juga mengungkapkan ramalan akan kedatangan Yesus Kristus. Melalui mulut Yeremia, Tuhan mengidentikkan Yesus sebagai “Tunas adil bagi Daud” (ay. 5), yang akan “memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.” (ay. 5). Jadi, Yeremia juga sudah meramalkan kedatangan Yesus Kristus.

Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa kedatangan Yesus Kristus sudah diramalkan oleh para nabi Perjanjian Lama. Hari ini ada dua nabi yang menyatakan hal itu, yaitu Yesaya dan Yeremia. Kedatangan Yesus diramalkan sebagai Juru Selamat bagi manusia. Oleh karena itu, Tuhan menghendaki kita untuk tetap setia pada-Nya dan tak perlu meragukan Dia. Kesetiaan dan kepercayaan itu akan membuahkan keselamatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar