Rabu, 18 Desember 2013

Perkembangan motorik Bayi

POLA-POLA PENGENDALIAN MOTORIK

Daerah kepala
Pengendalian mata
Optic nystagmus atau reaksi mata terhadap rangkaian benda-benda bergerak dimulai kira-kira duabelas jam setelah lahir; gerakan mata mencar antara minggu ketiga dan keempat; gerakan mata horisontal antara bulan kedua dan ketiga; gerakan mata vertikal antara bulan ketiga dan keempat; dan gerakan mata berputar beberapa bulan kemudian.

Tersenyum
Gerakan refleks tersenyum atau senyum sebagai reaksi terhadap rangsangan peradaban muncul dalam minggu pertama; senyum sosial atau senyum sebagai reaksi terhadap senyuman orang lain mulai antara bulan ketiga dan keempat.

Menahan kepala
Dalam posisi tengkurap bayi dapat menahan kepala secara tegak pada usia satu bulan; kalau terlentang pada lima bulan; dan dalam posisi duduk antara empat dan enam bulan.

Daerah badan
Berguling
Bayi dapat berguling dari samping ke belakang pada usia dua bulan; dan dari tengkurap ke samping pada empat bulan; pada enam bulan bayi dapat berguling sepenuhnya.

Duduk
Bayi dapat ditarik ke posisi duduk pada empat bulan; duduk dengan dibantu pada lima bulan; duduk tanpa dibantu sebentar pada tujuh bulan; dan duduk tanpa bantuan selama sepuluh menit atau lebih pada sembilan bulan.

Daerah lengan dan tangan
Tangan
Ibu jari menjauh – gerakan ibu jari menjauhi jari-jari lain – muncul dalam usaha menggenggam antara tiga dan empat bulan dan dalam mengambil benda antara delapan dan sepuluh bulan.

Lengan
Bayi dapat meraih benda pada enam atau tujuh bulan dan dapat mengambil benda tanpa gerakan-gerakan acak pada satu tahun.

Daerah tungkai
Memindahkan tubuh dengan menendang terjadi pada akhir minggu kedua. Menghentak atau bergerak dalam posisi duduk tampak pada usia enam bulan. Merangkak terjadi antara delapan dan sepuluh bulan; dan pada sebelas bulan bayi berjalan dengan “empat kaki”. Bayi dapat menarik diri sendiri ke posisi berdiri sekitar sepuluh bulan, berdiri dengan bantuan pada sebelas bulan, berdiri tanpa bantuan pada satu tahun dan berjalan tanpa bantuan pada empat belas bulan.

sumber: Elizabeth B. Hurlock, PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5). Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 81.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar