Senin, 10 Desember 2012

Renungan Hari Senin Adven II-C

Renungan Hari Senin Adven II, Thn C/I
Bac I : Yes 35: 1 – 10; Injil       : Luk 5: 17 – 26

Sabda Tuhan dalam bacaan pertama dan Injil memiliki kesamaan cerita. Dalam bacaan pertama, Nabi Yesaya mengungkapkan kegembiraan umat akan karya Allah atas mereka. Umat melihat kemuliaan Tuhan yang tampak pada gambaran "orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai." (ay. 6).

Dalam Injil, penginjil Lukas mengungkapkan kegembiraan umat akan karya Allah dalam peristiwa penyembuhan orang lumpuh. Sebenarnya kegembiraan itu bukan semata atas peristiwa penyembuhan, melainkan atas pembebasan dari "belenggu" kaum Farisi dan ahli Taurat. Sehingga ketika Yesus menyembuhkan orang lumpuh itu, mereka takjub dan memuliakan Allah sambil berkata, "Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan." (ay. 26).

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita bahwa Yesus merupakan pemenuhan janji Allah yang sudah dikatakan para nabi Perjanjian Lama. Khususnya pada hari ini apa yang diungkapkan Nabi Yesaya nyata dalam diri Yesus.

Oleh karena itu, kita sangat diharapkan menyambut-Nya dengan sukacita. Kita tak perlu menunggu lagi akan terjadinya mujizat. Yesus itulah mujizatnya. Maka dari itu, sabda Tuhan mau mengajak kita untuk memuliakan Allah atas diri Yesus. Sama seperti orang Israel, kita dapat berkata, "Hari ini kami telah menyaksikan hal yang sangat menakjubkan, yaitu Yesus Kristus."

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar