Selasa, 06 Oktober 2020

INILAH TANDA KEHAMILAN MUDA

Hamil terkadang menjadi kata yang ditunggu setiap pasangan muda yang memang merindukan kehadiran buah hati. Memang sering juga terjadi ada pasangan yang harus menunggu lama untuk mendapatkan anak (baca: Ini Alasan Wanita Sulit Hamil dan Ini Cara Cepat Hamil). Namun hamil juga bisa menjadi kata yang dihindari oleh remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas. Kehamilan terjadi apabila sel sperma dan sel telur bertemu dan menjadi zygot yang tumbuh dalam rahim seorang wanita.
Beberapa wanita kerap tidak menyadari perubahan pada tubuhnya ketika hamil. Padahal ada tanda hamil muda yang akan dirasakan tubuh. Ketika hamil seorang perempuan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Perubahan tersebut mungkin dapat dirasakan dan bisa menjadi salah satu indikator hamil muda.
Bagaimana kita bisa mengetahui soal hamil muda ini? Berikut ini 5 tanda hamil muda yang dirasakan tubuh.
1.    Mual
Wanita hamil biasanya mulai mengalami mual sekitar 2 minggu setelah pembuahan (bukan persetubuhan). Biasanya gejala mual dan muntah memuncak ketika trisemester pertama. Dilansir We Have Kids, mual alias morning sickness, terjadi karena respons tubuh akibat hormon hCG. Hormon tersebut meningkat ketika trisemester pertama. “Pada awal kehamilan, kadar hCG seharusnya meningkat dua kali lipat setiap dua hingga tiga hari,” tutur Terry Hoffman, dokter kandungan di Medical Center Baltimore, seperti dikutip Huffington Post.

2.    Kram
Mengutip American Pregnancy, kram terjadi ketika rahim membesar, menyebabkan ligamen dan otor meregang. Kram mungkin akan lebih terasa ketika wanita hamil bersin, batuk atau bergerak. Kram perurt bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Kram terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel di dinding rahim yang disebut sebagai implantasi. “Rahim adalah otot, dan satu-satunya hal yang diketahui otot adalah kontraksi, dan kontraksi terasa seperti kram,” ujar Holly Purizt, M.D., direktur medis untuk Sentara Leigh Hospital Group for Women di Virgina, seperti dikutip dari Parent.
3.    Perut kembung
Salah satu penyebab perut kembung adalah peningkatan hormon progesteron di awal kehamilan. Hormon progesteron menyebabkan jaringan otot polos di saluran cerna menjadi rileks sehingga menyebabkan perut jadi kembung. “Akibat otot yang rileks, sistem pencernaan dan aliran darah ke janin menjadi lambat lalu menyebabkan perut terasa kembung dan kadang disertai kram perut,” papar Murkoff, seperti dikutip What to Expect.
4.    Sembelit
Selain menjadi gangguan kesehatan, sembelit juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, khususnya di trisemester pertama, menyebabkan saluran pencernaan melambat. Ini alasan kenapa wanita hamil sering mengalami sembelit. Untuk mengatasinya, kita bisa mengosumsi makanan kaya serat seperti brokoli, edamame dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk minum 8 gelas air setiap hari.
5.    Sering buang air kecil
Tanda kehamilan ini sudah mulai ketika 2 – 3 minggu setelah pembuahan. Namun lebih sering tejadi ketika enam minggu kehamilan. Sering buang air kecil terjadi karena hCG meningkatkan aliran darah ke area panggul. Ini membantu sistem pembuangan urine menjadi lebih cepat
DEMIKIANLAH 5 tanda kehamilan muda pada wanita. Bagi mereka yang benar-benar mengharapan kehamilan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
diolah kembali dari MSN Gaya Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar