Rabu, 28 Juni 2017

HINDARI KEBIASAAN BURUK SETELAH MAKAN

Setiap orang pasti ingin dirinya sehat. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang baik, orang perlu memperhatikan pola hidup, jenis makanan serta pola makan. Salah satu hal yang harus diperhatikan terkait dengan tubuh adalah kesehatan pencernaan. Jika alat pencernaan rusak, maka akan menyebabkan makanan tidak bisa dicerna dengan baik, dan berdampak pada tergangunya kesehatan tubuh lainnya.
Oleh karena itu, perlu diperhatikan kebiasan hidup, khususnya kebiasaan sesudah makan. Ada beberapa hal yang harus dihindari setelah makan, yaitu:
1. Berenang. Sering terjadi, di saat rekreasi di pantai atau di tempat-tempat rekreasi yang mempunyai kolam renang, ada kebiasaan orang berenang setelah makan. Lebih parah lagi berenang sambil makan. Secara medis hal ini dilarang, karena terjadi penarikan lebih banyak darah ke saluran cerna untuk membantu mencerna makanan. Berenang bisa membuat kram ringan pada perut. Jika ingin berenang, tunggulah setidaknya 30 menit sesudah makan.
2. Mandi. Setelah makan, sangat dianjurkan untuk tidak langsung mandi, apalagi makan sambil mandi. Dasar pertimbangannya adalah aliran darah banyak terkumpul di saluran pencernaan setelah makan. Saat mandi, tubuh menjadi dingin dan hal ini tidak membantu makanan tercerna dengan baik.
3. Tidur. Pada umumnya setelah makan, apalagi bila makan sampai kekeyangan, bawaannya adalah ngantuk. Dan bila sudah ngantuk, bawaannya ingin tidur. Inilah kebiasaan kebanyakan orang. Akan tetapi, kebiasaan ini harus dihilangkan. Sebab jika langsung berbaring setelah makan, bisa meningkatkan tekanan pada diagrafma dan menyebabkan radang usus. Jadi, jangan tidur setelah makan, atau juga jangan makan waktu tidur.
4. Jalan kaki. Ada orang berpendapat bahwa jalan kaki setelah makan dapat membantu proses pencernaan makanan. Pendapat ini keliru, sebab jalan kaki sesudah makan bisa menyebabkan refluks asam dalam sistem pencernaan. Selain itu jalan kaki mampu mencegah penyerapan nutrisi dari makanan.
5. Minum teh. Kebiasaan umum di daerah Melayu adalah minum teh setelah makan. Kebiasaan ini mempunyai efek buruk pada sistem pencernaan. Teh membuat tubuh tidak bisa menyerap zat besi dari makanan. Asam dalam teh juga akan menggangu penyerapan protein dalam makanan. Oleh karena itu, jangan minum teh setelah makan.
Demikianlah lima aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Kelimanya sangat sederhana, tidak berat alias sangat ringan untuk dilaksanakan. Menjadi persoalan adalah apakah orang bisa dan mau melakukannya, mengingat kelimanya sudah menjadi kebiasaan. Adalah sangat sulit mengubah suatu kebiasaan.
Akan tetapi, demi suatu motivasi kesehatan diri pastilah bisa diterapkan dalam hidup, meski tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kesehatan itu sebenarnya mudah dan murah, pengobatan demi mendapatkan kesehatan itulah yang mahal.
edited by: adrian, dari Merdeka Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar