Rabu, 28 Juni 2017

PELAJARAN SEJARAH: Sebuah Cerpen

Manusia adalah makhluk sejarah (historical man). Karena manusia itu hidup, dan hidup itu bergerak ke depan sehingga ada sesuatu yang ditinggalkan di belakang. Ada tiga dimensi waktu dalam hidup manusia, yaitu masa depan, masa kini dan masa lampau. Masa lampau merupakan waktu yang sudah ditinggalkan. Apa yang ditingggalkan di belakang itu merupakan bagian dari sejarah. Karena itu, terlihat jelas bahwa manusia adalah benar-benar makhluk sejarah, karena ia ada dalam sejarah baik sebagai obyek maupun subyek sejarah itu sendiri.
Bung Karno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak lupa akan sejarah bangsanya sendiri.” Di sini Bung Karno mau mengajak rakyat Indonesia untuk menghormati dan menghargai sejarah bangsanya. Rakyat Indonesia adalah bagian dari bangsa, yang telah membuat sejarah. Sekalipun sejarah itu sudah lampau, bahkan di antara anak bangsa sekarang ini tidak pernah mengalaminya, bukan lantas berarti sejarah itu tidak penting. Dengan tahu menghargai sejarah bangsa, rakyat Indonesia tidak akan mengulangi kegagalan sejarah masa lampau.
Dengan dasar pertimbangan inilah hadir cerpan “Pelajaran Sejarah”. Cerpen ini sangat menarik karena disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Yang menari lainnya adalah alur dan setting-nya. Dari pada penasaran, langsung saja baca cerpen ini di sini: Budak Bangka: (C E R P E N) Pelajaran Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar