Senin, 02 Maret 2015

Renungan Hari Senin Prapaskah II - B

Renungan Hari Senin Prapaskah II, Thn B/I
Bac I    Dan 9: 4b – 10; Injil              Luk 6: 36 – 38;

Bacaan pertama hari ini diambil dari Kitab Daniel. Di sini Daniel tampil mewakili umat, menyampaikan keluh kesah kepada Tuhan. Daniel menyatakan bahwa umat telah berdosa terhadap Allah, karena telah berlaku fasik, menyimpang dari perintah dan peraturan Tuhan, tidak taat kepada para utusan Allah, memberontak terhadap Allah dan murtad. Dosa membuat umat merasa malu. Karena itu, Daniel memohon ampunan pada Tuhan. Daniel sadar Tuhan akan mengampuni dosa umat karena pada Tuhan ada kasih sayang dan ampunan. Allah itu murah hati sehingga Ia mau mengampuni dosa umat yang menyesalinya.

Allah yang murah hati inilah yang kembali ditekankan Yesus dalam Injil hari ini. Berbeda dengan  bacaan pertama, kemurahan hati Allah menjadi contoh agar umat berlaku murah hati juga kepada sesama. “Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.” (Luk 6: 36). Namun tetap disadari bahwa kemurahan hati terlihat dari pengampunannya.

Setiap manusia pasti punya dosa. Saat ini kita masih dalam masa prapaskah. Pada masa ini kita diajak untuk bertobat. Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa pada Allah ada pengampunan. Dia murah hati, dan akan mengampuni dosa kita asal kita mau datang mengakuinya. Pada masa prapaskah selalu diberi kesempatan bagi kita untuk menerima sakramen tobat. Melalui sakramen tobat kita menerima kemurahan hati Allah melalui pengampunan yang diberikan oleh imam. Dengan menerima pengampunan dari Tuhan, kita juga diajak untuk mengampuni kesalahan sesama kita yang pernah berbuat salah kepada kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar