Rabu, 04 Maret 2015

Renungan Hari Rabu Prapaskah II - B

Renungan Hari Rabu Prapaskah II, Thn B/I
Bac I    Yer 18: 18 – 20; Injil                        Mat 20: 17 – 28;

Kitab Nabi Yeremia menjadi bacaan pertama hari ini. Di sini lebih diungkapkan ratapan atau keluhan Nabi Yeremia kepada Tuhan. Ada kesan bahwa umat tidak mau mendengarkan pewartaan atau pesan yang disampaikan Nabi Yeremia, sekalipun pesan itu berasal dari Allah. Lebih lagi, pesan tersebut demi kebaikan umat. Malah ada yang berusaha untuk membungkam suara sang nabi ini. Jadi, Nabi Yeremia yang datang membawa pesan kebaikan, namun dibalas dengan kejahatan.

Apa yang dialami oleh Nabi Yeremia dialami juga oleh Tuhan Yesus. Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus menegaskan kepada para rasul-Nya bahwa Ia akan pergi ke Yerusalem dan akan diserahkan kepada para imam dan ahli Taurat dan kemudian dihukum mati. Ini merupakan ramalan kematian Tuhan Yesus. Di sini terlihat bahwa ada orang yang tidak suka akan warta atau pesan yang disampaikan Tuhan Yesus, sekalipun Yesus membawa kebaikan bagi umat manusia. Kebaikan Tuhan Yesus dibalas dengan kejahatan.

Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa kebaikan selalu mendapat tantangan dan penolakan. Ada saja orang yang tidak suka akan kebaikan. Mereka selalu membalas kebaikan itu dengan kejahatan. Di sini bukan maksud Tuhan menakut-nakuti kita sehingga kita tidak melakukan kebaikan. Justru sabda Tuhan menampilkan Nabi Yeremia dan Tuhan Yesus sebagai contoh agar kita mengikutinya. Melalui sabda-Nya ini, Tuhan menghendaki kita senantiasa melakukan kebaikan dalam kehidupan sekalipun tantangan selalu menghampiri.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar