Senin, 29 Desember 2014

Renungan Oktaf Natal V - B

Renungan Oktaf Natal V, Thn B/I
Bac I    1Yoh 2: 3 – 11; Injil              Luk 2: 22 – 35;

Hari ini merupakan oktaf natal yang kelima. Bacaan pertama hari ini diambil dari Surat Yohanes yang Pertama. Dalam suratnya ini, Yohanes mengungkapkan bahwa ada kaitan antara mengenal Allah dengan mengikuti perintah Allah. Bagi Yohanes, orang yang mengenal Allah adalah juga yang melakukan perintah Allah. Tidak mungkin orang mengaku kenal akan Allah, namun tidak pernah menuruti perintah-Nya. Orang seperti ini, menurut Yohanes, tak ubahnya sebagai pendusta.

Apa yang diungkapkan Yohanes dalam bacaan pertama, terlihat dalam keluarga Maria dan Yosef, sebagaimana diwartakan Injil hari ini. Dalam Injil dikisahkan bahwa keluarga Yosef dan Maria menyerahkan Bayi mereka, yaitu Tuhan Yesus, kepada Allah sesuai dengan perintah Tuhan. Dengan kata lain, mereka menuruti perintah Tuhan. Maka bisa dikatakan kalau keluarga ini mengenal Tuhan. Hal yang sama terjadi dengan Simeon. Ia hidup mengikuti perintah Tuhan, sehingga ia benar-benar mengenal Tuhan yang datang ke Bait Allah, dan ia berkesempatan melihat-Nya.

Sabda Tuhan hari ini mau menegaskan kepada kita tentang adanya kesesuaian antara perkataan dan tindakan. Tak sedikit orang mengaku mengenal Tuhan. Akan tetapi, perilaku hidupnya tidak mencerminkan pengenalannya akan Tuhan. Hidupnya tidak sesuai dengan perintah Tuhan. Inilah yang dikehendaki Tuhan melalui sabda-Nya. Tuhan meminta kita supaya pengenalan kita akan Tuhan diwujudkan juga dalam tindakan nyata berupa mengikuti perintah-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar