Rabu, 09 Juli 2014

Renungan Hari Rabu Biasa XIV - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa XIV, Thn A/II
Bac I    Hos 10: 1 – 3, 7 – 8, 12; Injil           Mat 10: 1 – 7;

Bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Hosea, dapat dibagi ke dalam tiga bagian. Bagian pertama ( ay. 1 – 3) menggambarkan umat Israel yang jatuh ke dalam dosa dengan meninggalkan Tuhan Allah dan berpaling kepada berhala. Ironisnya, sikap ini muncul dikala orang Israel hidup senang. Bagian kedua (ay. 7 – 8) berisi penyesalan dan pertobatan. Dan bagian ketiga (ay. 12) berisi ajakan untuk menghasilkan buah pertobatan. “Bukalah bagimu tanah baru, sebab sudah waktunya untuk mencari Tuhan.” Demikian sabda Tuhan.

Injil hari ini bercerita tentang pemilihan dua belas rasul Yesus sekaligus pengutusan mereka. Untuk melaksanakan tugas perutusan itu, Tuhan Yesus memberi mereka kuasa-Nya (ay. 1). Salah satu tugas mereka adalah mengajak umat untuk bertobat. Karena itu, para murid diminta Tuhan Yesus untuk pergi “kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (ay. 6). Hal ini mau menggambarkan bahwa umat Israel sudah jatuh ke dalam dosa (padanan kata “hilang”). Mereka harus bertobat, mempersiapkan diri untuk menyambut Kerajaan Sorga yang sudah dekat (ay. 7).

Sabda Tuhan hari ini secara tidak langsung mau memberi gambaran situasi kita dewasa ini yang tak jauh berbeda dengan apa yang diutarakan Tuhan dalam firman-Nya. Kita juga tak jauh dari dosa. Kita ibarat domba yang hilang. Karena itu, melalui sabda-Nya, Tuhan menghendaki pertobatan kita dan menghasilkan buah pertobatan. Salah satu buah pertobatan adalah dengan melaksanakan tugas perutusan Yesus untuk mencari domba yang hilang supaya mereka bertobat. Jadi, setelah bertobat, kita musti juga mengajak orang lain untuk bertobat.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar