Rabu, 28 Mei 2014

Renungan Hari Rabu Paskah VI - A

Renungan Hari Rabu Paskah VI, Thn A/II
Bac I   : Kis 17: 15, 22 – 18: 1; Injil        : Yoh 16: 12 – 15;

Hari ini Injil mengisahkan Yesus yang memberikan peneguhan kepada para murid. Yesus mengatakan bahwa Dia menjanjikan Roh Kebenaran yang akan memimpin para murid ke dalam seluruh kebenaran (ay. 13). Roh Kebenaran, istilah lain dari Roh Kudus, akan memuliakan Yesus, “sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya daripada-Ku.” (ay. 14). Peran Roh Kudus ini adalah menuntun para murid untuk menyampaikan kebenaran.

Peran Roh Kudus itu, secara implisit, terlihat dalam bacaan pertama hari ini. Dikisahkan bahwa Paulus pergi ke Athena, yang dikenal juga sebagai kota filsafat. Di sana Paulus tampil di atas Areopagus dan mewartakan kebenaran. Yang menarik adalah Paulus berangkat dari kebenaran yang sudah ada di sana, yaitu “Kepada Allah yang tidak dikenal.” (ay. 23). Dengan argumen filosofis, Paulus mencoba untuk menerangkan kebenaran di atas kebenaran itu. Namun ternyata banyak orang belum siap menerima kebenaran baru. Mereka masih terikat pada kebenaran lama. Hanya sedikit yang menerimanya.

Melalui sabda-Nya, Tuhan mau berbicara tentang Roh Kudus, khususnya Roh Kebenaran dan perannya. Roh Kudus bukan saja akan menuntun kita kepada kebenaran, melainkan juga mengajak kita untuk mewartakan kebenaran, seperti yang dilakukan Paulus. Sebagai murid Yesus, karena baptisan yang kita terima, kita terpanggil untuk senantiasa menyatakan kebenaran dalam kehidupan kita. Salah satu kebenaran adalah tentang kasih Yesus kepada umat manusia. Jadi, sabda Tuhan hari ini menghendaki kita untuk menjadi bentara kebenaran-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar