YAKOB, BAPA BANGSA
Iakob (Yunani),
Yaqob (ibr singkatan dari ya`qob-el) yang berarti Allah Melindungi (Kej 27: 36;
Yer 9: 3). Yakub adalah cucu Abraham, putera Ishak dari perkawinannya dengan
Rebeka (Kej 25: 20 [[Kej 28]]; [[Kej 27]]). Ia lebih disenangi daripada
Esau, kakaknya. Yahweh mengaruniakan kepadanya keduabelas anak laki-laki, yang
menjadi tumpuan ke 12 suku Israel. Dengan demikian Yakub adalah Bapa asal
bangsa Israel. Cerita-cerita mengenai Yakub dibagi menjadi dua: cerita mengenai
dusta, dan cerita mengenai penerimaan berkat. Dusta yang diceritakan ialah
Yakub yang membeli (Kej 25: 27-34) atau merebut secara licik hak kesulungan
dari Esau (ay 27). Ia sendiri dibohongi oleh Laban (Kej 29: 23-30). Cerita
tentang perkelahian di waktu malam dekat sungai Yabok (ay. 32) membuat Yakub
memperoleh rahmat Tuhan dan memperoleh nama baru Israel. Dari namanya yang baru
ini, seluruh keturunannya yang kemudian menjadi bangsa terpilih Yahweh dinamakan
Israel.
Pada cerita itu
dimulailah cerita-cerita pemberkatan. Di situ banyak tempat geografis yang
dihubungkan dengan keadaan Yakub waktu itu. Hal itu memberi suatu petunjuk,
bahwa legenda-legenda sebagian bercorak etiologis, seperti misalnya:
1)
cerita tentang
Betel yang mengisahkan penampakan dengan tangga surgawi, pendirian altar dan
penempatan sebuah batu.
2)
cerita tentang
Haran mengisahkan hubungan dengan Laban.
3)
cerita Gilead
tentang perjanjian perbatasan dengan Laban.
4)
cerita Mahanin
tentang kerukunan kembali Yakub dengan Esau.
5)
cerita tentang
Sukot mengisahkan pembuatan rumah pondok.
6)
cerita di Pniel
mengisahkan pergumulan di waktu malam.
7)
cerita tentang
kejadian di Sikhem mengisahkan pembelian sebidang tanah dan pembuatan altar.
Tekanan diletakkan pada tempat-tempat itu dan bukan pada peristiwanya.
8)
Kemudian masih
ada cerita-cerita perpindahan Yakub ke Mesir yang menempatkan Habron sebagai
tempat kediaman sementara (Kej 37: 14).
Dalam Kej 49: 29-33
dikisahkan, bahwa Yakub meninggal di Mesir. Kemudian Kej 50: 12-14 mengisahkan
bahwa ia dikubur di Makhpela. Dari kesemuanya itu dapat ditarik kesimpulan
adanya suatu garis tradisi ganda: Yang satu lebih bersifat kultis di daerah
barat Yordan, dan yang lain lebih berhubungan dengan sejarah daerah yang
ditempatkan di daerah Timur Yordan. Di dalam tulisan di luar Pentateukh, Yakub
hampir tidak pernah disebutkan. Di dalam perjanjian baru ia muncul pada
ungkapan Abraham, Ishak dan Yakub (Mat 8: 11; Luk 13: 28).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar