Rabu, 05 Februari 2014

Renungan Hari Rabu Biasa IV - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa IV, Thn A/II
Bac I   : 2Sam 24: 2, 9 – 17; Injil            : Mrk 6: 1 – 6

Bacaan pertama menceritakan satu pelanggaran (dosa) Daud terhadap Allah. Daud meminta Yoab untuk mengadakan “sensus” sehingga Daud mengetahui peta kekuatan kerajaannya. Namun hal ini merupakan dosa, karena terbersit sikap tidak percaya pada Tuhan. Atas dosanya ini, melalui Nabi Gad, Allah memberikan 3 penawaran. Pilihan Daud cukup bijak. Dia ingin memperbaiki dosanya (ketidakpercayaan) dengan kepercayaan. Sekalipun Tuhan mendatangkan hukuman, Tuhan tetap akan mengasihi umat-Nya.

Sikap bijak Daud ini bertolak belakang dengan sikap orang-orang sekampung halaman Yesus. Mereka tahu dan sadar bahwa Yesus membawa kebaikan bagi umat manusia, termasuk mereka sendiri. Mereka bukannya melihat kebaikan yang ditawarkan Yesus, melainkan latar belakang keluarganya. Hal ini membuat mereka menyepelekan Yesus serta kebaikan yang dibawa-Nya.

Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk bersikap bijak dalam hidup. Secara khusus dalam mencari dan menerima kebaikan. Perlu disadari bahwa kebaikan itu bisa saja berasal dari siapa saja, termasuk orang yang secara manusiawi tidak diperhitungkan. Tuhan menghendaki supaya jika kita memang sudah menemukan kebaikan itu, hendaklah mengambilnya tanpa melihat siapa yang memberinya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar