Selasa, 14 Januari 2014

Renungan Hari Selasa Biasa I - Thn II

Renungan Hari Selasa Biasa II, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 1: 9 – 20; Injil        : Mrk 1: 21b – 28

Hari ini bacaan liturgi berkisah tentang mujizat. Dalam bacaan pertama mujizatnya adalah Hana hamil. Kehamilan Hana ini murni dari kemurahan hati Tuhan melalui nabi-Nya, Imam Eli. Setelah mengetahui apa harapan Hana, Eli berkata, “Pergilah dengan selamat, dan Allah Israel akan memberikan kepadamu apa yang engkau minta dari pada-Nya.” (ay. 17). Dan itulah yang terjadi. “Tuhan ingat kepadanya.” (ay. 19).

Dalam Injil hari ini mujizatnya adalah orang kerasukan roh jahat disembuhkan. Kalau dalam bacaan pertama mujizat dilakukan oleh Tuhan melalui mulut Eli, mujizat pengusiran roh jahat langsung dilakukan oleh Yesus sendiri. “Diam, keluarlah dari padanya!” (ay. 25). Dan itulah yang terjadi. “Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.” (ay. 26).

Yesus adalah Eli baru. Kebaruan itu terlihat dari kuasa yang dimiliki secara langsung. Ini bisa terjadi karena Yesus adalah Allah dalam wujud manusia. Sabda Tuhan hari ini mau menegaskan keallahan Yesus. Untuk itu, Tuhan menghendaki supaya kita percaya dan mendekati diri pada-Nya. Kita diajak untuk menyerahkan diri kepada-Nya agar Ia mengusir roh-roh jahat dari dalam diri kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar