Jumat, 13 Desember 2013

Renungan Hari Jumat Adven II - A

Renungan Hari Jumat Adven II, Thn A/II
Bac I   : Yes 40: 25 – 31; Injil      : Mat 11: 28 – 30

Nabi Yesaya, dalam bacaan pertama, menyampaikan firman dari Allah. Dari nubuat Allah itu, terlihat jelas bahwa Allah itu bukan saja mahakuasa melainkan juga maha peduli. “Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.” (ay. 29). Allah tidak mau membiarkan umat-Nya menderita seorang diri atau menelantarkan mereka begitu saja.

Firman Allah yang disuarakan Yesaya terungkap pada diri Yesus dalam Injil. Dalam Injil Yesus menyampaikan nubuat-Nya sendiri, yang tidak jauh berbeda dengan nubuat Yahwe yang disuarakan oleh Yesaya. Dia memberikan perhatian kepada “yang letih lesu dan berbeban berat.” (ay. 28). Mereka-mereka ini akan mendapatkan kelegaan. Yesus tidak ingin mereka itu hidup terlantar dalam penderitaan. Karena itulah Dia datang untuk menyelamatkan mereka.

Lewat sabda-Nya hari ini, Tuhan mau mengingatkan kita bahwa Dia tidak menghendaki kita binasa, melainkan selamat. Tuhan tidak mau kita sendirian terlantar dalam sengsara. Namun agar keselamatan itu dapat kita rasakan, dibutuhkan beberapa syarat. Kita harus mau menerima “kuk” yang dipasang Tuhan, meski kuk itu enak dan ringan (ay. 30), dan belajar dari Dia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar