Kamis, 12 Desember 2013

Jus dan Obat

BEBERAPA JUS YANG TAK BOLEH DIMINUM DENGAN OBAT

Saat ini untuk menghemat waktu, kebanyakan orang lebih memilih jus daripada memakan buah utuh. Selain lebih cepat, dengan minum jus kebutuhan tubuh akan nutrisi buah-buahan tetap terpenuhi.

Namun, untuk beberapa jus buah tidak boleh sembarangan dikonsumsi bersama obat. Contohnya saja untuk jus belimbing, apel, jeruk dan anggur.

“Di Indonesia memang jarang orang minum obat pakai jus, tapi untuk diketahui saja kalau kita minum obat penurun kolestrol golongan simvastatin, kita tidak boleh minum dengan jus jeruk, apel atau anggur. Karena ada zat aktif pada jus buah tersebut yang bisa menetralisir zat simvastatin,” jelas Dr. Arijanto Jonosewojo, Sp PD. FINASIM.

Dr. Arijanto juga menjelaskan, untuk pasien darah tinggi jangan serta merta mengonsumsi jus belimbing tanpa konsultasi yang baik dengan pihak dokter. “Jus belimbing tidak selalu aman untuk orang hipertensi, kalau orangnya hipertensi dan kena gangguan ginjal, bisa tambah rusak ginjalnya,” ujar Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya. Namun, jika orang dengan hipertensi tersebut tidak memiliki gangguan ginjal, hal ini tidak masalah.

Untuk diketahui, jenis minuman lain seperti minuman gingseng juga bagus khasiatnya untuk tubuh. Tetapi, menurut Dr. Arijanto ini tidak boleh dicampur dengan konsumsi obat-obat jantung golongan nitrat. “Tidak boleh dicampur dengan konsumsi obat-obat jantung golongan nitrat. Karena contohnya pada coroner, ini akan terjadi aritmia jantung,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar