Jumat, 06 Desember 2013

Renungan Hari Jumat Adven I - A

Renungan Hari Jumat Adven I, Thn A/II
Bac I   : Yes 29: 17 – 24; Injil      : Mat 9: 27 – 31

Dalam bacaan pertama hari ini, kembali Nabi Yesaya menggambarkan hari keselamatan yang akan datang. Dikatakan bahwa pada waktu itu orang tuli akan mendengar dan orang buta akan melihat (ay. 18); yang sengsara akan bersukaria dan orang miskin akan bersorak-sorai (ay. 19). Setelah menikmati keselamatan itu, “mereka akan menguduskan Yang Kudus.” (ay. 23). Sekali lagi mau ditunjukkan di sini bahwa Allah peduli dengan kaum lemah, miskin dan menderita.

Gambaran Nabi Yesaya akan hari keselamatan tampak nyata dalam Injil. Dalam Injil hari itu dikisahkan bahwa Yesus mencelikkan mata dua orang buta. Setelah peristiwa itu mereka “memasyhurkan Dia ke seluruh daerah itu.” (ay. 31). Peristiwa ini harus dibaca bahwa hari keselamatan itu sudah datang.

Setiap manusia menantikan hari keselamatan itu tiba. Tidak ada satu manusia pun yang tahu kapan saat itu datang. Kepada kita diminta untuk berjaga-jaga. Namun hari ini, lewat sabda-Nya, Tuhan menghendaki kita untuk mewujudkan saat itu sekarang ini dan di sini. Dengan kata lain, sambil menantikan kepenuhan hari keselamatan itu, kita diajak untuk mewujudkan hari keselamatan dalam kehidupan. Salah satu caranya adalah dengan saling membantu dan menghibur sesama kita, meringankan penderitaan sesama, membuka mata mereka akan karya keselamatan Tuhan, dll.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar