Rabu, 21 Agustus 2013

Renungan Hari Rabu Biasa XX-C

Renungan Hari Rabu Biasa XX, Thn C/I
Bac I   : Hak 9: 6 – 15; Injil           : Mat 20: 1 – 16

Tema sabda Tuhan hari ini adalah keadilan. Salah satu konsep adil yang berlaku umum adalah memberikan sesuai dengan haknya. Dalam bacaan pertama hal ini tampak dalam kisah perumpamaan yang diberikan Yotam. Dari perumpamaan itu terungkap bahwa ketidak-adilan akan mendatangkan penderitaan, seperti semak duri yang akan mematikan “pohon-pohon aras yang di gunung Libanon.” (ay. 15).

Konsep adil juga diperlihatkan Injil dalam perumpamaan orang-orang upahan di kebun anggur. Keadilan itu tampak dalam memberikan upah sesuai dengan hak para pekerja, yaitu perjanjian yang sudah disepakati: sedinar sehari. Ada banyak pekerja yang tidak setuju dengan perilaku Tuan empunya kebun, yang merupakan gambaran Allah. Di sini mau ditunjukkan bahwa keadilan Allah tidak sama dengan keadilan manusia. 

Melalui sabda-Nya hari ini, Tuhan mau mengatakan kepada kita bahwa keadilan-Nya terkadang bertentangan dengan konsep keadilan kita. Tuhan menghendaki agar kita menerima dengan sikap iman akan kehendak Tuhan ini, karena di balik semuanya itu Allah mau menunjukkan belas kasihan-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar