Sabtu, 13 Juli 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa XIV-C

Renungan Hari Sabtu Biasa XIV, Thn C/I
Bac I   Kej 49: 29 – 32, 50: 15 – 24; Injil     Mat 10: 24 – 33

Tema sabda Tuhan hari ini adalah “Jangan Takut”. Dalam bacaan pertama ajakan untuk tidak takut ini disuarakan Yusuf kepada saudara-saudaranya. Dua kali Yusuf berkata kepada para saudaranya, “Jangan takut.” (ay. 19 & 21). Mereka takut kalau Yusuf akan membalas dendam atas perbuatan jahat mereka kepadanya. Dengan ajakan untuk tidak takut ini, Yusuf membuka rencana Tuhan atas keluarga mereka.

Seruan untuk tidak takut juga dikatakan Yesus kepada kedua belas rasul-Nya. Dalam Injil Yesus mengajak para rasul-Nya untuk tidak takut sebanyak tiga kali (ay. 26, 28 & 31). Lewat ajakan ini Yesus mau mengatakan kepada mereka bahwa Tuhan senantiasa menyertai dan melindungi mereka. Sekalipun ancaman menghadang, para rasul harus tetap mewartakan Yesus. Mewartakan Yesus sama artinya mewartakan kebaikan, sebab hidup dan ajaran Yesus adalah kebaikan.

Hidup manusia selalu diliputi kecemasan dan ketakutan. Ini mengisyaratkan bahwa kita kurang beriman kepada Tuhan. Sebagai umat beriman, hendaknya kita memiliki sikap berserah diri kepada-Nya. Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita akan hal tersebut. Kita tak perlu takut atas apa yang bakal terjadi dalam hidup ini. Tuhan punya rencana indah buat kita, sebagaimana yang Dia buat atas saudara-saudara Yusuf. Yang jahat diubah-Nya menjadi kebaikan. (ay. 20). Karena itu, “Jangan takut! Percayakanlah hidupmu pada Tuhan.”

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar