Jumat, 28 Juni 2013

Renungan Hari Jumat Biasa XII-C

Renungan Hari Jumat Biasa XII, Thn C/I
Bac I   : Kej 17: 1, 9 – 10, 15 – 22; Injil : Mat 8: 1 – 4

Dalam bacaan pertama, Tuhan menunjukkan kuasa-Nya kepada Abraham. Kuasa itu terlihat dari kemauan Allah. Dia ingin agar nama Sarai, isteri Abraham, diganti menjadi Sara, karena “ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.” (ay. 16). Abraham, mewakili sikap manusia, meragukan keinginan Allah itu. Namun di sini Tuhan membutuhkan iman. Sebab dengan iman apa yang mustahil bagi manusia akan menjadi nyata.

Dalam Injil hari ini kuasa Allah itu tampak dalam diri Yesus dengan menunjukkan kemauan-Nya. Kepada orang kusta itu Yesus berkata, “Aku mau, jadilah engkau tahir!” (ay. 2). Dan kemauan Yesus ini ditanggapi dengan iman dari orang kusta, maka terjadilah penyembuhan sesuai keinginan orang kusta dan kemauan Yesus. Peristiwa ini mau memperlihatkan keallahan Yesus.

Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa kuasa Allah dapat terjadi dalam hidup kita bila kita menanggapinya dengan iman. Untuk itu, kita diajak untuk datang kepada-Nya dan menyerahkan hidup kita kepada penyelenggaraan ilahi-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar