Kamis, 27 Juni 2013

Cara Mencuci Seprei

TIPS MENCUCI SePREI


Seprei merupakan salah satu perlengkapan kamar tidur. Setiap kamar tidur tentulah memiliki seprei. Seprei merupakan kain persegi empat yang berfungsi untuk menutupi kasur. Umumnya seprei ini terbuat dari bahan katun. Namun dewasa ini banyak juga ditemui seprei berbahan sutra, linen, polyester, satin, katun CVC, dll.

Karena sering digunakan, maka dapatlah dipastikan bahwa kain seprei cepat kotor. Seprei yang bersih dapat membantu kenyamanan istirahat kita di tempat tidur. Sedangkan seprei yang kotor akan mengganggu kenyamanan kita. Untuk itu, kain seprei yang kotor harus segera diganti dan dicuci.

Akan tetapi, mencuci kain seprei ini tidaklah sama dengan mencuci pakain lain. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi keutuhan kain seprei itu sendiri. Berikut ini ada beberapa tip mencuci seprei.

1.      Baca dengan teliti label seprei untuk mengetahui jika seprei tersebut memerlukan cara pencucian spesifik. Kebanyakan seprei dapat dicuci menggunakan mesin cuci rumahan.

2.      Agar hasil cucian maksimal, pisahkan cucian seprei, sarung bantal dan sarung guling dari cucian pakaian yang lain. Pisahkan sesuai dengan jenis kainnya.

3.      Pilih tingkat kepanasan air pada mesin cuci yang sesuai untuk bahan seprei anda. Campuran poliester sebaiknya dicuci dengan air hangat, sedangkan katun bisa dicuci dengan air panas. Semakin panas air yang digunakan memungkinkan untuk membunuh kuman dan kutu yang bersembunyi di seprei anda.

4.      Cuci seprei anda paling tidak 2 minggu sekali. Ingatlah dalam sehari anda menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur dari pada mengenakan pakaian yang anda mencuci secara teratur. Karenanya seprei pun seharusnya dicuci secara teratur.

5.      Seperti halnya baju, dalam mencuci seprei hendaknya dipisahkan sesuai warnanya. Jika tidak dipisahkan, warna gelap atau merah bisa luntur dan merusak warna yang lebih muda.

6.      Untuk mengeringkan, gantung seprei di luar agar terkena matahari. Namun tetap hindari pengeringan dengan matahari secara langsung untuk waktu yang lama untuk melindungi warna seprei. Jika tidak memungkinkan dikeringkan dengan matahari, bisa dikeringkan dengan pengering namun perlu ditambahkan pelembut kain

Demikianlah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam usaha mencuci seprei. Semoga dapat berguna!


by: adrian, diolah dari email simply fresh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar