Selasa, 26 Februari 2013

Renungan Hari Selasa Prapaskah II-C

Renungan Hari Selasa Prapaskah II, Thn C/I
Bac I : Yes 1: 10, 16 – 20; Injil       : Mat 23: 1 – 12

Dalam bacaan pertama Nabi Yesaya menyampaikan pengajaran Allah. Kepada umat Israel Allah berpesan agar umat berhenti berbuat jahat dan berusaha untuk berbuat baik (ay. 16 - 17). Terhadap pengajaran-Nya ini Allah menyertakan juga semacam punishment and rewards. Jika umat berbuat baik, maka umat "akan memakan hasil baik dari negeri itu." (ay. 19), namun jika umat tidak berhenti berbuat jahat, maka mereka akan mendapat hukuman (ay. 20).

Sama seperti bacaan pertama, dalam Injil hari ini, Yesus juga mengajarkan kepada orang Israel tentang berbuat baik dan menghindari hal yang jahat. Fokus pengajaran-Nya adalah ahli-ahli taurat dan kaum Farisi. Yesus mengajak orang Israel untuk menuruti dan melakukan "segala sesuatu yang mereka ajarkan" (ay. 3), karena itu baik. Artinya, apa yang diajarkan oleh para ahli taurat dan kaum Farisi adalah baik dan berguna bagi kehidupan umat. Akan tetapi Yesus mengajak umat untuk tidak mengikuti perbuatan para ahli taurat dan kaum Farisi, karena perbuatan mereka tidak baik untuk diikuti.

Sabda Tuhan hari ini menghendaki kita untuk senantiasa berbuat baik dan menghindari untuk berbuat jahat. Tentulah kiranya tak perlu lagi dijelaskan apa saja perbuatan baik dan apa saja yang jahat. Kita semua sudah mengetahuinya. Tinggal bagaimana kita melaksanakannya. Sumber kebaikan dan kejahatan pun ada banyak dan kita sudah mengetahuinya. Namun kita harus tetap ingat bahwa Tuhan menghendaki agar kita melakukan kebaikan dan menghindari kejahatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar