Rabu, 13 Februari 2013

Renungan Hari Rabu Abu

Renungan Hari Rabu Abu Tahun C/I
Bac I : Yl 2: 12 – 18; Bac II : 2Kor 5: 20 – 6: 2
Injil       : Mat 6: 1 –6, 16 – 18

Hari ini umat Katolik memulai masa prapaskah. Masa prapaskah dikenal juga sebagai masa puasa dan tobat. Puasa dan tobat ini sebagai persiapan untuk menyambut paskah, kebangkitan Tuhan Yesus.

Mengawali masa puasanya, umat Katolik diingatkan akan ritus puasa itu melalui sabda Tuhan hari ini. Tidak seperti kebiasaan banyak orang yang "pamer" puasanya dan menuntut agar orang lain menghargai puasanya, sabda Tuhan mengajak umat Katolik untuk tidak pamer.  "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka." (Mat 6: 1). Puasa umat Katolik merupakan urusan pribadi dengan Tuhan (ay. 18).

Puasa dan tobat memiliki kaitan yang sangat erat. Puasa merupakan ungkapan nyata dari pertobatan. Dalam bacaan pertama sangat jelas diungkapkan hal itu. Oleh karena itulah, masa puasa ini umat Katolik diajak untuk lebih mewujudkan pertobatannya. Dalam bacaan kedua, Paulus mengungkapkan bahwa dengan bertobat berarti memberi diri untuk didamaikan kembali dengan Allah (ay. 20).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar