Minggu, 13 Januari 2013

Renungan Pesta Pembaptisan Tuhan - C

Renungan Pesta Pembaptisan Tuhan, Thn C/I
Bac I : Yes 40: 1 – 5, 9 – 11 ; Bac II : Tit 2: 11– 14, 3: 4 – 7
Injil       : Luk 3: 15 – 16, 21 – 22

Sabda Tuhan dalam bacaan kedua dan Injil berbicara tentang pembaptisan. Dikatakan bahwa pembaptisan membawa dampak pada kelahiran baru dan pembaharuan hidup (Tit 3: 5). Baptis ini dikenal sebagai pertobatan. Dalam Perjanjian Baru, baptisan pertobatan itu diwartakan oleh Yohanes Pembaptis. Dengan dibaptis berarti orang bertobat dan mendapatkan hidup yang baru.

Dalam Injil diceritakan bahwa Yesus datang kepada Yohanes dan memberi diri dibaptis. Pertanyaannya: apakah Yesus berdosa?

Sama sekali tidak! Pembaptisan Yesus oleh Yohanes adalah bentuk contoh teladan dan solidaritas-Nya kepada manusia. Dengan baptisan itu, Yesus, yang sebenarnya tidak membutuhkan baptis, mau menunjukkan bahwa diri-Nya saja mau dibaptis, bagaimana dengan kita yang memang sudah seharusnya dibaptis (bertobat). Baptisan Yesus juga menunjukkan bahwa Dia mau solider dengan warga sebangsa-Nya yang membutuhkan keselamatan rohani. Yesus mau senasib dengan manusia yang menderita karena belenggu kekuasaan setan.

Karena dua sikap luhur inilah Yesus dimuliakan Allah Bapa. "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan." (ay. 22).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar