Jumat, 04 Januari 2013

Renungan Hari Jumat Natal II-C

Renungan Hari Jumat Natal II, Thn C/I
Bac I : 1 Yoh 3: 7 – 10; Injil       : Yoh 1: 35 – 42

Injil hari ini mengisahkan panggilan murid pertama Yesus, yaitu Andreas dan saudaranya, Simon Petrus. Andreas sebelumnya adalah murid Yohanes Pembaptis. Ia tertarik pada Yesus dari pernyataan gurunya. Ketertarikan itulah yang meringankan langkah kakinya untuk mengikuti Yesus.

Yang menarik adalah ketika bertemu dengan Yesus, mereka sama sekali tidak mendapatkan jawaban lisan dari Yesus. Mungkin keterangan lisan Yesus dapat semakin memperteguh rasa ketertarikan mereka. Akan tetapi, tak ada satu kata pun untuk menjelaskan tentang Yesus. Malahan Yesus mengajak mereka untuk tinggal bersama. Dengan tinggal bersama, mereka benar-benar dapat mengenal Yesus secara lebih mendalam; dan inilah yang membuat mereka semakin tertarik. Ketertarikan itulah yang membuat Andreas mengajak Simon, saudaranya, untuk bertemu dengan Yesus.

Lewat Injil hari ini, Tuhan mau membuka mata hati kita tentang mengikuti Yesus. Memang kita tidak sama seperti Andreas yang sedikit sekali mengetahui tentang Yesus. Kita sudah banyak mengetahui tentang Dia, baik dari Kitab Suci, khususnya Injil, maupun dari pengajaran para guru kita. Namun persoalannya, apakah ada rasa ketertarikan dalam hati kita untuk mau tinggal bersama Yesus?

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar