Jumat, 25 Januari 2013

Renungan Pesta Pertobatan St. Paulus

Renungan Pesta Pertobatan St. Paulus /I
Bac I : Kis 22: 3 – 16; Injil       : Mrk 16: 15 – 18

Bacaan pertama hari ini mengisahkan pertobatan Paulus, sesuai dengan pesta liturgi hari ini. Kisah pertobatan Paulus dalam Kitab Kisah Para Rasul sebenarnya ada dua. Pada bacaan hari ini kisah tersebut dikisahkan sendiri oleh Paulus, yang waktu itu sedang ditahan. Pada kesempatan ditahan itu, Paulus masih menyempatkan diri untuk memberi pewartaan. Dalam kisah pertobatan itu, Paulus mewartakan Yesus.

Mungkin kita bertanya mengapa Paulus masih sempat-sempatnya mewartakan Yesus? Itulah tugas Paulus. Dalam kisah pertobatannya, setelah mengetahui bahwa yang dijumpainya adalah Yesus, Paulus bertanya, "Tuhan, apakah yang harus kuperbuat?" (ay. 10). Dan Tuhan memberikan jawaban melalui mulut Ananias, "engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar." (ay. 15).

Kisah pertobatan Paulus dengan pesan mewartakan ini sejalan dengan perintah Yesus kepada para murid dalam Injil hari ini. Sebelum naik ke surga, Yesus berpesan,  "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk." (ay. 15).

Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan bahwa setiap murid Yesus mempunyai tugas untuk mewartakan Dia: hidup dan ajaran-Nya. Kita tidak perlu lagi bertanya kepada Tuhan seperti Paulus, "Tuhan, apakah yang harus saya perbuat?" Kita sadar dan tahu bahwa kita adalah murid Kristus Yesus. Oleh karena itu, kita memiliki kewajiban untuk mewartakan Kristus Yesus lewat sikap, tutur kata, perbuatan, tingkah laku dan pikiran.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar