Jumat, 21 Desember 2012

Renungan Hari Jumat Adven III-C

Renungan Hari Jumat Adven III, Thn C/I
Bac I : Kid 2: 8 – 14; Injil       : Luk 1: 39 – 45

Injil hari ini memiliki kesan bahwa Maria ingin membuktikan perkataan malaikat Tuhan kepadanya bahwa Elisabeth, saudarinya yang diketahui mandul, sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam. Karena itulah, Injil hari ini merupakan kelanjutan kisah Injil kemarin.

Namun yang menarik adalah reaksi Elisabeth ketika mendengar salam atau sapaan dari Maria. Dikatakan bahwa Elisabeth dipenuhi dengan Roh Kudus. Hal ini tampak dari pernyataannya. "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?" (ay. 4243).

Kita tahu bahwa hanya Zakarias saja yang mendapat penampakan Tuhan yang menyampaikan istrinya akan hamil. Elisabeth sama sekali tidak tahu. Hanya Maria dan Yosep saja yang tahu akan rencana keselamatan Allah dalam rahim Maria. Dan tentulah antara Maria dan Yosep belum ada komunikasi. Dan pasti juga bahwa Maria belum memberitahu siapapun juga perihal kehamilannya. Jadi, Elisabeth sama sekali tidak tahu. Akan tetapi, kenapa Elisabeth menyebut Maria dengan sebutan 'ibu Tuhan' dan mengatakan bahwa Maria dan rahimnya sungguh terberkati.

Ini tak lain adalah karya Roh Kudus. Bukan Elisabeth yang berkat-kata demikian, melainkan Roh Kudus yang berbicara melalui Elisabeth. Roh Kudus memenuhi Elisabeth sehingga ia memiliki kuasa yang mengatasi keterbatasan manusia.

Pesan apa yang mau disampaikan sabda Tuhan hari ini? Melalui Injil Lukas ini, Tuhan mau menyadarkan kita bahwa Roh Kudus bekerja menurut caranya, yang terkadang tidak terpikirkan oleh manusia. Untuk itu dibutuhkan kepercayaan. Dalam kehidupan kita pun Roh Kudus senantiasa bekerja. Namun kita diharapkan untuk percaya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar