Rabu, 01 Agustus 2012

Renungan Hari Rabu Biasa XVII - Thn II

Renungan Hari Rabu Pekan Biasa XVII B/II
Bac I  Yer 15: 10, 16 – 21 ; Injil       Mat 13: 44 – 46

Dalam Injil hari ini Yesus memberikan dua perumpamaan yang sama tentang Kerajaan Sorga. Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang sangat berharga dan bernilai sangat tinggi sehingga ketika mendapatkannya, orang bukan saja merasa senang melainkan juga sampai melupakan dirinya. Hal ini terlihat dari tindakan orang yang sudah menemukan harta itu: menjual seluruh miliknya hanya untuk mendapatkan harta itu. Kita dapat mengajukan pertanyaan, setelah dia jual semua harta miliknya, lalu ia makan pakai apa?

Nah, di sinilah Yesus mau menekankan betapa berharganya Kerajaan Sorga itu sampai orang lupa akan hidupnya. Lewat perumpamaan itu Yesus mau mengatakan bahwa dengan menemukan Kerajaan Sorga, orang merasa hal yang lain itu tidak ada gunanya lagi; atau tak bernilai apa-apa lagi.

Apa yang diungkapkan Yesus lewat dua perumpamaan itu tergambar jelas dalam diri nabi Yeremia. Dalam bacaan pertama tadi, Yeremia, dalam keluhannya, mengungkapkan kegirangannya terhadap sabda Tuhan. Yeremia sangat menikmati sabda Tuhan dalam hidupnya sehingga ia lupa untuk "duduk beria-ria dalam pertemuan orang-orang yang bersenda gurau" (ay. 17) seperti kebanyakan orang. Bagi Yeremia sabda Tuhan merupakan sesuatu yang sangat berharga, yang sayang bila ditinggalkan atau dilupakan.

Lewat sabda-Nya hari ini Tuhan mau mengajak kita untuk berani berkorban demi Kerajaan Sorga atau sabda-Nya itu. Pengorbanan yang diharapkan adalah total. Totalitas itu terlihat dari merelakan seluruh miliknya, hanya untuk mendapatkan yang jauh lebih berharga. Beranikah kita???

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar