Rabu, 18 Juli 2012

Renungan Hari Rabu Biasa XV - Thn II


Renungan Hari Rabu Pekan Biasa XV B/II
Bac I    Yes 10: 5 – 7, 13 – 16 ; Injil    Mat 11: 25 – 27

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara soal kerendahan hati. Dalam bacaan pertama, nabi Yesaya mengingatkan umat Israel akan Allah yang maha segalanya. Karena itu, tidak ada gunanya membanggakan diri atau membesarkan diri di hadapan-Nya. Yesaya mengambil contoh perbandingan dengan gergaji dan kapak.

Dalam Injil juga terungkap soal sikap rendah hati ini. Sikap itu terungkap dalam doa Yesus. Yesus memuji sikap orang yang rendah hati. Hanya mereka yang rendah hati yang diberitahu soal misteri Bapa-Nya, sementara kepada orang cerdik pandai justeru disembunyikannya. Alasannya, orang cerdik pandai, karena kepintarannya, sering jatuh ke dalam kesombongan intelektual sehingga suka membanggakan diri. Sedangkan orang yang rendah hati memiliki hati yang terbuka bagi rencana Allah. Hati orang sederhana penuh rasa syukur dan terbuka.

Karena itu jelas, sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk membangun sikap rendah hati. Sikap rendah hati bukan hanya sekedar ucapan bibir belaka, melainkan nyata dalam sikap dan tindakan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar