Kamis, 26 Juli 2012

Renungan Peringatan St. Yoakim & Anna

Renungan Peringatan St. Yoakim dan Anna
Bac I : Sir 44: 1, 10 – 15 ; Injil         : Mat 13: 16 – 17

Bacaan Injil hari ini amat singkat namun padat akan pesannya. Intinya adalah kesadaran. Itulah yang mau disampaikan Yesus. Dia ingin agar umat Israel sadar akan kehidupannya dan sadar akan kehadiran Yesus yang membawa kebaikan. Hal ini mengisyaratkan bahwa banyak orang tidak sadar. Ini diibaratkan dengan punya mata tapi tak melihat, punya telinga tapi tak mendengar. Sia-sia.

Pusat kesadaran yang dipesankan Yesus ada pada diri-Nya. Yesus adalah pusat kerinduan umat Israel. Dirinyalah yang selama ini ingin dilihat dan ingin didengar oleh para nabi dari dunia Perjanjian Lama. Namun mereka tidak sempat menikmatinya. Akan tetapi sangat sedikit orang dari dunia Perjanjian Baru yang dapat menikmatinya. Kita kenal Simeon. Dia begitu senang ketika “melihat” Yesus, walau waktu itu Yesus masih bayi.

Pesan Tuhan pada kita lewat sabda-Nya hari ini adalah agar kita senantiasa sadar. Apa yang dikehendaki oleh Yesus ini sama seperti yang diungkapkan oleh Anthony de Mello dengan istilah “bangun”. Banyak orang dewasa ini sedang tertidur, sekalipun terlihat orang itu kerja, makan, mengajar, dan lain sebagainya. Hal ini karena mereka tidak memiliki kesadaran. Oleh karena itu, Anthony de Mello menyerukan agar orang bangun dari “tidur”nya. Sama artinya dengan sadar.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar